Bagaimana Distribusi Menit Xavi Membuat Semua Orang Terlibat dan Berkomitmen di Barcelona
Xavi (Instagram @xavi)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah membungkam Sevilla 3-0 di La Liga pada akhir pekan kemarin, Xavi Hernandez mengajak para pemainnya duduk untuk berbicara dari hati ke hati. Dia menjelaskan bahwa setiap pemain akan diberi kesempatan bermain mengingat jadwal padat yang akan Barcelona jalani.

Itu sudah terbukti. Sejauh musim ini, setiap pemain Barcelona memiliki menit bermain, tidak termasuk dua pemain terbaru.

Xavi tahu persis apa yang dia lakukan di Camp Nou. Pertama, masuk akal untuk mengistirahatkan pemain tetap, tetapi dia juga harus menunjukkan kepada anak-anak muda bahwa ada jalan ke tim utama dan dia harus membuat lebih banyak nonpemain inti terlibat dan tertarik. Pada Rabu, Gerard Pique dan Pablo Torre diberi menit bermain.

Xavi merotasi pemainnya dengan baik. Sejauh ini, empat pemain jadi strater dalam setiap pertandingan, mereka adalah Marc-Andre ter Stegen, Pedri, Robert Lewandowski dan Ousmane Dembele. Sementara yang lainnya secara bergantian keluar masuk dari starting XI.

Tak sampai di situ. Pemain yang mencetak gol dan memberi assist juga banyak, yakni Raphinha, Dembele, Franck Kessie, dan Jules Kounde. Tapi, poin utamanya adalah semua pemain telah membawa intensitas dan energi yang dituntut pelatih.

Jelas bahwa para pemain termotivasi oleh orang yang bertanggung jawab.

Dan terbukti para pemain yang bermain bagus akan terus tampil untuk Barcelona musim ini.

Jika pemain itu mengesankan, sudah sewajarnya mereka mendapatkan lebih banyak kesempatan.

Sistem sederhana ini memberikan kredibilitas kepada pelatih dan para pemain bersedia mengikuti perintahnya, mengetahui bahwa mereka akan mendapatkan waktu bermain yang pantas mereka dapatkan.

Sekarang, dengan pemain yang sepenuhnya mendaftar untuk apa yang dilakukan Xavi di klub, masalah terbesarnya adalah mempersempit skuadnya menjadi hanya sebelas nama pada hari pertandingan tertentu.

Benar! Xavi memiliki masalah yang dimiliki sebagian besar pelatih.