Dani Alves Tampil di Piala Maradona, Xavi: Dia Bawa Dampak Positif untuk Tim
Dani Alves (Twitter @FCBarcelona)

Bagikan:

JAKARTA - Dani Alves menjalani debut keduanya bersama Barcelona saat melawan Boca Juniors di Piala Maradona yang berlangsung Rabu dini hari WIB. Xavi Hernandez menyebut, kehadiran Alves membawa dampak positif bagi kinerja tim.

Dalam pertandingan Piala Maradona yang berlangsung di King Saud University Stadium, Alves tampil sebagai starter dan menunjukkan kualitas yang membuat Xavi puas.

"Anda telah melihat apa yang bisa dia sumbangkan saat bertahan dan menyerang. Dia bermain dengan banyak intensitas dan umpan terakhirnya membuat perbedaan," kata Xavi tentang permainan Alves dikutip dari Marca Rabu.

Melihat semangat juang Alves yang masih menggebu meski tergolong pemain senior, Xavi berharap kehadiran Alves bisa membantu mengangkat mental pemain Blaugrana lainnya.

"Kami semua harus mengangkat diri kami sendiri, saya pertama-tama, dan Dani (Alves) akan membantu kami dengan pengalamannya. Kami telah melihat kebahagiaan yang dia bawa di lapangan," ujar Xavi.

"Dia adalah pemain tim yang sensasional, dengan karakter dan jiwa, dan itu akan banyak membantu kami," tambah sang pelatih.

Meski puas dengan penampilan Alves, Barcelona belum berhasil memenangkan pertandingan. Mereka harus kalah 4-5 lewat adu penalti setelah bermain 1-1 selama 90 menit.

Kendati begitu, Xavi tak terlalu mempermasalahkan hasil yang didapat Barcelona. Selain cuma laga persahabatan, laga ini juga dijadikan Xavi sebagai ajang bermain bagi para penggawa yang belum tampil dalam laga reguler.

"Hasil bukanlah hal yang penting. Kami pulang dengan hasil positif, seperti debut Dani dan melihat pemain di posisi yang berbeda, pemain muda. Itu adalah ujian yang bagus untuk semua orang," kata Xavi.

"Kami telah melihat Balde di bek kiri dan sayap, Demir di lini tengah, Coutinho sebagai striker palsu, Dest di posisi yang tidak biasa baginya. Itu adalah ujian bagus setelah kekalahan (di laga sebelum ini)," tandas Xavi.

jj