Jadi Pemain Termuda yang Cetak 25 Gol di Liga Champions, Erling Haaland Pecahkan Rekor Kylian Mbappe 
Erling Haaland (Instagram @erling.haaland)

Bagikan:

JAKARTA — Erling Haaland sukses memecahkan rekor Kylian Mbappe di Liga Champions Eropa setelah membantu Manchester City menang 4-0 atas Sevilla pada Rabu, 7 September dini hari WIB.

Penyerang internasional Norwegia itu mencetak dua gol dalam laga penyisihan Grup G yang berlangsung di Stadion Ramón Sánchez Pizjuán. Tambahan dua gol membuat ia sudah mengoleksi 25 gol pada musim keempatnya di kompetisi tersebut.

Mantan penyerang Borussia Dortmund itu mencetak gol debut bersama City di Liga Champions pada menit ke-20 dan menggandakan golnya setelah turun minum di menit ke-67.

Sementara itu, dua gol melengkapi pesta kemenangan The Citizen masing-masing dicetak Phil Foden (58') dan Ruben Dias (90+2').

Pencapaian itu membuat Haaland menjadi pemain termuda yang mencetak 25 gol di kasta tertinggi kompetisi antarklub Eropa itu. Ia membuat rekor itu saat berada di usia 22 tahun dan 47 hari.

Menariknya lagi, catatan 25 gol tersebut ia torehkan hanya dalam 20 penampilan. Tiga dari total gol itu ia ukir musim lalu saat terhambat cedera dan Dortmund tersingkir di babak penyisihan grup.

Haaland menandai debut di Liga Champions dengan mencetak delapan gol bersama RB Salzburg. Ia kemudian menambah dua gol untuk Dortmund di musim yang sama setelah kepindahan pada jendela transfer musim panas.

Kemudian ia menambahkan sepuluh gol lagi di musim keduanya di kompetisi dalam delapan pertandingan. Faktanya, ia hanya gagal mencetak gol dalam lima laga, termasuk dua laga melawan Manchester City 2020/2021.

Menurut catatan Squawka, Haaland kini mengambil alih rekor dari Mbappe yang berusia 22 tahun dan 80 hari ketika ia mencapai 25 gol di Liga Champions pada Maret 2021 lalu.

Selain itu, Haaland juga menjadi pemain Manchester City pertama yang mencetak gol pada debutnya, baik di Liga Premier dan Liga Champions Eropa.

Kemudian rekor berikutnya menjadi pemain keempat dalam sejarah Liga Champions Eropa yang mencetak gol dalam penampilan pertamanya untuk tiga tim berbeda (Salzburg, Borussia Dortmund dan Man City).

Sebelumnya nama-nama yang pernah melakukan hal serupa adalah Fernando Morientes, Javier Saviola dan Zlatan Ibrahimovic.