Begini Cara Melakukan Servis Bawah Bola Voli yang Benar
Ilustrasi pevoli akan melakukan servis (TaniaVdB/Pixabay).

Bagikan:

YOGYAKARTA – Servis bawah bola voli merupakan salah satu teknik dasar yang harus dikuasai, khususnya bagi para pevoli pemula.

Perlu diketahui, servis bola voli merupakan pukulan bola yang dilakukan dari area garis belakang lapangan permainan. Ketika melakukan servis, bola wajib dipukul dengan kencang agar melambung ke atas sampai melewati net dan mendarat di dalam area lawan. Oleh sebab itu, servis juga bisa diartikan sebagai serangan pertama dalam permainan bola voli.

Dalam olahraga voli, servis dilakukan ketika permainan akan dimulai, terjadi bola mati dan perpindahan bola. Servis bola voli yang sempurna adalah yang sulit ditangkis oleh lawan. Oleh sebab itu, para pemain harus menguasi teknik dasar servis bola voli.

Adapun teknik dasar servis bola voli ada dua, yakni servis bawah dan servis atas. Lantas, apa bedanya?

Servis bawah merupakan servis dengan awalan bola berada di bawah dengan tangan memegang bola dan satu tangan lainnya memukul bola. Tangan yang digunakan untuk memukul bola diayunkan dari belakang hingga ke depan dengan kencang agar bola dapat terlempar ke area lawan.

Sementara servis atas adalah servis dengan awalan melemparkan bola ke atas kemudian memukulnya dengan keras ke area lawan. Ketika melakukan servis atas, satu tangan memegang bola dan melemparkannya ke atas, kemudian tangan satunya memukul bola dengan cara mengayunkan tangan dari atas ke depan.

Cara Melakukan Servis Bawah Bola Voli

Ilustrasi. (Pixabay).
Ilustrasi. (Pixabay).

Menurut Destriana dalam bukunya berjudul Model Pembelajaran Permainan Bola Voli, servis bawah bola voli tidak bisa dilakukan asal-asalan. Pasalnya, posisi tangan dan kaki harus tepat agar bola bisa masuk ke area lawan.

Berikut cara melakukan servis bola voli:

  • Langkah awal yang harus dilakukan sebelum memukul bola voli dengan teknik servis bawah adalah meletakkan kaki kiri sedikit lebih maju ke depan, lalu kaki kanan mundur kebelakang. Kaki kiri yang diletakkan di depan, tak boleh menyentuh garis.
  • Langkah kedua, pegang bola voli dengan tangan kiri, kemudian ayunkan tangan kanan dari belakang ke depan dengan kuat saat memukul bola.
  • Servis bawah bola voli bisa dilakukan dengan tangan terkepal atau dibuka lebar. Pilihlah posisi tangan yang membuat Anda nyaman agar bola dapat terlempar dengan kencang.

Sekadar tips, ketika hendak melakukan servis bawah bola voli, tangan yang digunakan untuk memukul bola harus siap dan memiliki tenaga yang kuat. Hindari memukul menggunakan tangan yang lemah agar bola dapat melewati net dan tidak melenceng ke luar lapangan.

Selain itu, Anda juga haarus memperhatikan posisi kaki ketika melakukan servis bola voli. Posisi kaki yang benar saat melakukan servis bawah adalah dengan meletakkan kaki terkuat sedikit ke belakang. Jika kaki kanan Anda lebih kuat, maka letakkan kaki kiri berada di depan, dan kaki kanan di belakang.

Berikutnya, tatapan mata harus fokus ke area lawan, cari celah yang tepat untuk mengarahkan bola voli agar pemain lawan susah untuk mengantisipasi bola yang masuk ke areanya. Dengan begitu peluang untuk mendapatkan poin akan semakin besar.

Demikianlah cara melakukan servis bawah bola voli yang benar. Selamat mencoba!