Tugas Pemain Bola Voli Ternyata Beragam, Ini Informasi tentang Masing-masing Posisi
Ilustrasi olahraga bola voli (TaniaVdB/Pixabay).

Bagikan:

YOGYAKARTA – Di dalam olahraga bola voli, masing-masing pemain ternyata memegang peranan penting. Dalam pertandingan, jumlah pemain bola voli maksimal enam orang di lapangan dan  empat orang sebagai cadangan. Berarti dalam satu tim terdapat 10 pemain. Meski memiliki banyak pemain, tugas atlet bola voli di lapangan cukup beragam bergantung posisinya.

Mengenal Tugas Pemain Bola Voli

Permainan bola voli adalah olahraga yang melibatkan tim. Dua tim akan saling berhadapan. Inti dari permainan ini adalah menjatuhkan bola voli ke petak lapangan lawan. Oleh karenanya tiap pemain memiliki peran masing-masing untuk menjalankan misi voli. Sedangkan tugas pemain voli masing-masing adalah sebagai berikut.

  1. Server

Di dalam voli, server adalah posisi yang bertugas untuk memulai pertandingan. Pemain server akan memulai pertandingan dengan cara melakukan servis, yakni memukul bola ke arah petak area lapangan lawan. Bola juga harus melalui jaring net. Permainan atau rally bisa jika bola bisa disambut oleh tim lawan lalu dikembalikan ke arah tim server. Jika bola servis tak bisa diantisipasi lawan, berarti tim server mendapat kemenangan satu poin.

Seorang server dituntut untuk menguasai setidaknya dua teknik, yakni servis atas dan servis bawah.

Servis atas adalah memukul bola voli dengan ayunan tangan dari atas ke bawah dengan telapak tangan. Bola harus dilambungkan ke atas kepala lalu dipukul sebelum jatuh lebih rendah dari jangkauan tangan.

Sedangkan servis bawah adalah teknik memukul bola dengan posisi jari menggenggam. Bola sama-sama dilambungkan dari atas, namun baru bisa dipukul saat posisi bola berada di area perut dengan ayunan tangan  dari bawah ke atas. Tata cara melakukan servis bawah dengan benar juga harus dikuasai.

  1. Posisi Spiker atau Smasher

Dalam olahraga voli, spiker adalah posisi yang bertugas untuk melancarkan pukulan atau smash bola ke arah lawan. Spiker dituntut untuk menjatuhkan bola untuk mencuri poin. Smash sendiri dilakukan dengan sekuat tenaga agar lawan gagal mengantisipasi pukulan.

Posisi spiker ada di depan, yakni di depan net atau di samping tosser. Pemain di posisi ini harus punya kemampuan melompat dan tenaga pukulan yang baik. Selain itu spiker harus jeli melihat celah di barisan lawan.

Spiker juga bertugas sebagai barisan pertahanan, yakni dengan melakukan blocking jika smasher dari lawan mengancam.

  1. Tosser atau Set-upper

Pemain yang bertugas sebagai tosser atau set-upper punya peran yang cukup penting, yakni mengatur serangan dan memberikan umpan kepada spiker agar melancarkan smash. Tosser juga jadi komando permainan karena harus tahu kapan saatnya mengumpan demi mencuri poin.

Tosser tak hanya mengumpan, namun harus punya teknik smash dan blocking yang baik untuk mengalau smash dari musuh.

  1. Libero atau Defender

Posisi ini otomatis mendapat banyak sorotan dari penonton karena mengenakan seragam yang berda dari rekan satu timnya. Pada umumnya, libero adalah pemain dengan posisi nomor 5 dan 6. Tugas libero adalah menahan serangan yang dilancarkan dari lawan saat rally. Posisinya berada di bagian belakang.

Misalnya, libero akan menerima umpan servis dari lawan. Libero juga diberi kelulasaan untuk mengembalikan bola tersebut ke lawan atau diarahkan ke tosser sebagai cikal bakal serangan balik.

Itulah tugas pemain bola voli dalam satu tim. Untuk mendapatkan informasi menarik lain terkait olahraga dan berita terkini, kunjungi situs VOI.ID.