WBA Khawatirkan Kesehatan Mental Petinju, Ini yang akan Mereka Lakukan
Adrien Broner (Instagram @adrienbroner)

Bagikan:

JAKARTA - Salah satu topik utama yang akan dibahas dalam Konvensi Centennial World Boxing Association (WBA) adalah kesehatan mental para petarung. Konvensi ini akan digelar di Hotel Caribe Royale, Orlando pada Desember mendatang.

"Kesehatan mental atlet kami akan menjadi topik sentral selama Konvensi Centennial WBA, yang akan diadakan Desember mendatang di Orlando, Florid," kata presiden WBA, Gilberto Mendoza dikutip dari Marca, Jumat.

Pekan lalu, Adrien Broner membatalkan rencana pertarungannya dengan Omar Figueroa Jr. Dalam pernyataannya dia mengatakan bahwa kesehatan mental itu nyata dan ring tinju bukanlah tempat untuk bermain-main.

Broner juga menyatakan, dirinya melihat banyak orang mati saat bermain-main dengan karier tinju mereka. Sesuatu yang tidak ingin dia lakukan.

Petinju lainnya, Ryan Garcia, yang membatalkan pertarungan di masa lalu karena masalah kesehatan mental, menunjukkan dukungannya atas keputusan Broner.

Untuk itu, WBA ingin mengatasi masalah ini dengan cara yang tepat.

"Setelah melihat peningkatan kasus baru-baru ini yang menunjukkan petinju yang berjuang dengan masalah kesehatan mental, kami harus mengatasi masalah ini dari posisi kami, menggabungkan topik perdebatan dan memberikan prioritas yang layak di samping masalah medis lainnya yang sangat penting untuk tinju," tambah presiden WBA.

Untuk itu, WBA dan komite medisnya akan mencoba mengatasi masalah ini dengan para spesialis dan menerima masukan dari para petinju, yang akan menjadi kunci dalam memahami apa yang mereka alami.

Semua ini dilakukan untuk mencapai kesimpulan dan menghasilkan proposal yang dapat menguntungkan semua pihak yang terlibat.