Semangati Diri dan Hormati Sejarah Ukraina, Usyk Tampilkan Potongan Rambut Baru Jelang Duel Ulang Lawan AJ
Oleksandr Usyk (Instagram @usykaa)

Bagikan:

JAKARTA - Oleksandr Usyk akan melawan Anthony Joshua dalam pertandingan ulang pada Sabtu mendatang. Namun, kali ini, petinju Ukraina itu akan masuk ring dengan tampilan berbeda.

Usyk menang dengan keputusan bulat dalam duel pertama dengan Joshua, sekaligus memberikan kekalahan kedua dalam karier petinju yang akrab disapa AJ.

Meski Joshua sesumbar ingin membalas kekalahannya dalam duel di Arab Saudi pada Sabtu malam, Usyk tidak akan membiarkannya begitu saja. Selain mempersiapkan diri secara maksimal lewat pelatihan, dia juga menyemangati dirinya lewat potongan rambut baru.

Potongan rambut terbaru Usyk hanya menyisakan sehelai saja dan kepala setengah dicukur atau disebut dengan 'oseledets'. Ini ia lakukan sebagai penghormatan kepada sejarah dan budaya nasionalnya saat ia mewakili Ukraina.

Potongan rambut oseledets populer dalam sejarah Cossack, yang berasal dari Ukraina selatan dan timur dan sebagian Rusia.

Ini awalnya terkait dengan gaya Viking yang berasal dari masa ketika mereka mengambil Kyiv dari orang-orang Slavia pada abad ke-10.

Baru-baru ini, popularitasnya meningkat pada 1990-an setelah kemerdekaan Ukraina, yang sebelumnya menjadi pilihan populer di kalangan nasionalis Ukraina pada awal abad itu.

"Anda harus tahu bahwa potongan rambut oseledet Cossack dan hopak di atas ring bukan hanya bagian dari citra bagi saya, itu adalah penghargaan bagi sejarah dan budaya kami," jelas Usyk dalam konferensi pers dikutip dari Marca, Kamis.

Ini bukan pertama kalinya Usyk mengenakan potongan rambut oseledets, karena ia sebenarnya pernah melakukannya di Olimpiade London 2012 saat ia mewakili Ukraina.