Bertepatan HUT Ke-77 Republik Indonesia, FIFA Luncurkan Logo Resmi Piala Dunia U-20 2023
Logo Piala Dunia U-20 2022 di Indonesia. (Foto: Dok. FIFA)

Bagikan:

JAKARTA - Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) resmi meluncurkan logo Piala Dunia U-20 2023 yang akan digelar di Indonesia. FIFA meluncurkan logo itu bertepatan dengan HUT ke-77 Republik Indonesia yang jatuh pada hari ini, Rabu, 17 Agustus.

Melalui situs resmi, FIFA membagikan sebuah video singkat yang memperlihatkan euforia pendukung sepak bola. Di akhir video terlihat logo untuk Piala Dunia U-20 2023 dengan nuansa penuh warna.

Pemilihan warna dan corak untuk logo resmi Piala Dunia U-20 2023 itu terinspirasi dari warna bendera nasional Indonesia, laut biru kehijauan yang mempesona, dan arus yang mengalir melalui kepulauannya. Selain itu lambang mahkota mewakili hasrat global untuk permainan di berbagai benua.

Peluncuran ini memberikan gambaran singkat kepada para penggemar dan pemain di seluruh dunia tentang apa yang diharapkan tahun depan. Mereka akan menjelajahi semangat, warna, keragaman, dan semangat perayaan dari sebuah kompetisi di jantung Asia Tenggara.

"Ini akan menjadi kompetisi FIFA pertama yang diadakan di Indonesia dan peluncuran emblem resmi merupakan tonggak sejarah yang menarik dalam perjalanan ini,” kata Direktur Turnamen FIFA, Jaime Yarza, dalam laman resmi federasi.

"Selain menjadi kesempatan yang tepat untuk menunjukkan semangat sepak bola Indonesia kepada dunia, menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 juga akan membantu mengembangkan olahraga di tanah air, dan akan ada warisan infrastruktur yang signifikan yang akan bermanfaat bagi sepak bola di Indonesia. di tahun-tahun mendatang," lanjutnya.

Peluncuran logo resmi ini hanya berjarak sembilan bulan dari waktu digelarnya kompetisi. Piala Dunia U-20 2023 akan mulai berlangsung pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

Diluncurkannya logo resmi turnamen yang bertepatan dengan hari kemerdekaan juga disambut antusias Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan. Menurutnya momen ini akan menjadi momen kebangkitan sepak bola Tanah Air.

"Peluncuran lambang resmi Piala Dunia U-20 Indonesia 2023 yang bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia menandakan bahwa sepak bola Indonesia siap bangkit dan tampil memukau di pentas dunia," kata Iriawan.

"Tentunya turnamen ini juga akan mewariskan banyak hal baik untuk perkembangan sepakbola Indonesia ke depan, seperti infrastruktur dan pembangunan sepakbola," sambungnya lagi.