Tim Indonesia Belum Tentu Lolos Piala Asia U-17 2023, Ketum PSSI Sudah Punya Harapan Tembus Lima Besar
Ketum PSSI Mochamad Iriawan bersama tim Indonesia U-16 asuhan Bima Sakti. (Foto: Dok PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, cukup percaya diri tim Indonesia bisa menembus posisi lima besar Piala Asia U-17 2023. Tentunya dengan catatan jika skuad Garuda Asia mampu merebut tiket ke putaran final.

"Nanti kan ada Piala Asia (U-17). Kita harapkan minimal saya ingin masuk lima besar," kata Iriawan kepada wartawan di Istana Negara, Jakarta, seperti dilansir dari Antara, Rabu, 17 Agustus.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menyadari bahwa level U-17 Asia bukanlah sesuatu yang bisa dianggap remeh. Itu yang membuatnya tak terlalu ambisius menargetkan gelar juara.

"Tentunya kalau nomor satu kan lawan-lawan kita luar biasa. Kalau nomor lima besar (bisa) kita targetkan," ujar Iwan Bule.

Indonesia yang akan diwakili tim U-16 asuhan Bima Sakti, harus melewati babak kualifikasi terlebih dulu sebelum memenuhi harapan Ketum PSSI. Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah Grup B yang berisikan Malaysia, Palestine, Guam dan Uni Emirates Arab.

Pertandingan kualifikasi akan digelar mulai 1 Oktober hingga 9 Oktober mendatang. Hanya juara grup dan lima runner up terbaik yang akan lolos ke babak putaran final.

"Oleh karena itu, kita TC-kan (pemusatan latihan -red) kembali, baik dalam negeri maupun luar negeri," kata Iwan Bule.

Prestasi terbaik Indonesia di ajang Piala Asia U-17 adalah menjadi peringkat keempat dalam edisi 1990, yang kala itu masih menggunakan format U-16.

Sementara pada penampilan terakhir Indonesia pada edisi 2018 hanya berbuah perempat final sebelum disisihkan oleh Australia.