Campur Tangan Valentino Rossi di Balik Kemenangan Francesco Bagnaia
Pebalap Ducati, Francesco Bagnaia. (Dok. Situs resmi MotoGP)

Bagikan:

JAKARTA - Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia, memenangi balapan MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu, 7 Agustus. Kemenangan ini di luar dugaan banyak pihak, bahkan termasuk Bagnaia.

Bagnaia memang tak masuk perhitungan sebagai calon pemenang karena melihat performanya di sesi latihan bebas dan juga kualifikasi. Pebalap asal Italia itu kesulitan untuk mencatatkan waktu lap terbaik.

Namun, dia mematahkan prediksi banyak orang. Setelah start yang terbilang baik, Bagnaia kemudian berhasil memenangi pertarungan dengan Maverick Vinales dan Jack Miller yang finis kedua dan ketiga.

"Saya tak berpikir soal menang hari ini. Saya sudah mengatakan sebelumnya, akan sulit untuk menang jadi saya hanya ingin bertarung untuk meraih itu," kata Bagnaia saat diwawancarai MotoGP setelah balapan.

Keputusan mengganti ban jelang balapan turut menjadi kunci. Setelah mengalami kesulitan dengan ban depan berkompon keras, Bagnaia akhirnya memutuskan untuk menggunakan ban medium.

Pemilihan ban yang berhasil mengantarkannya ke podium juara. Diakui pebalap berusia 25 tahun tersebut, hal ini tak lepas dari masukan dari sang mentor, Valentino Rossi.

"Dia mengatakan kepada saya kemarin, untuk mencoba gunakan ban medium dan dia benar. Saya senang, dia sangat membantu saya akhir pekan ini," tutur Bagnaia.

Ini merupakan kemenangan kedua yang diraih Bagnaia secara beruntun. Sebelumnya, mantan pebalap Pramac itu memenangi balapan MotoGP Belanda yang digelar sebelum jeda musim panas.