Juan Manuel Marquez: Jake Paul dan Selebritas Menyakiti Dunia Tinju
Juan Manuel Marquez (Instagram @jmmarquezoficial)

Bagikan:

JAKARTA - Mantan juara dunia Meksiko Juan Manuel Marquez mengkritik keras para youtuber dan selebritas yang ingin berlatih tinju secara profesional tanpa pelatihan formal.

Bagi Marquez, semua selebritas ini tidak menghormati tinju, tidak menganggapnya serius dan dia meyakini bahwa masuk ke ring untuk bertukar pukulan adalah permainan.

"Dinamita" - julukan Marquez - bahkan tidak menahan apa pun dan menjatuhkan para petinju baru itu dengan komentar-komentarnya.

"Ini adalah kerusakan pada tinju, ini adalah kerusakan pada tinju. Saya ingat ketika seorang pelatih bertanya kepada seseorang: 'Apakah Anda ingin anak Anda menjadi seorang petinju', jawabannya adalah: 'tidak, ini adalah olahraga yang sangat sulit, sangat berbahaya, saya ingin dia belajar'. Sekarang semua orang ingin menjadi petinju," katanya kepada ESPN dikutip Kamis.

Beberapa tahun belakangan, banyak tokoh olahraga ingin masuk ke ring untuk membuat pertarungan eksibisi. Dan meskipun mereka adalah atlet, di atas ring mereka tidak terlihat bagus, tetapi bayaran yang mereka terima tinggi.

Márquez juga berkomentar bahwa orang-orang itu tidak menghormati tinju.

"Dalam pandangan saya, tanpa takut salah, itu adalah kurangnya rasa hormat terhadap tinju," katanya.

"Tinju harus ditanggapi dengan serius. Petarung itu berlatih, bersiap. Dia meninggalkan segalanya di atas ring. Bagi saya tampaknya tidak adil bahwa seorang 'youtuber' ada di atas ring, atau mantan pemain bola basket atau NFL. Tinju pantas dihormati. Rasa hormat telah hilang," kata mantan juara itu.

Paul bersaudara, Logan dan Jake adalah influencer yang telah mengambil keuntungan dari jendela yang diberikan tinju kepada mereka. Tetapi tidak hanya mereka, kita telah melihat tokoh-tokoh MMA yang telah melakukan pertarungan, seperti Conor McGregor, Tyron Woodley dan Anderson Silva.