Jorok, Juan Manuel Marquez Minum Air Kencing Sendiri sebelum Lawan Floyd Mayweather
Juan Manuel Marquez (Instagram @jmmarquezof)

Bagikan:

JAKARTA - Masih ingat dengan nama Juan Manuel Marquez yang bertarung dengan legenda tinju Floyd Mayweather 12 tahun silam? Ada cerita konyol tentang bintang asal Meksiko itu.

Saat itu, Mayweather kembali dari cuti dua tahun dari ring tinju untuk menghadapi Marquez di Las Vegas, dalam pertarungan kelas welter yang menghasilkan 1 juta pembelian bayar-per-tayang.

Pertarungan itu bukan untuk memperebutkan gelar karena Mayweather dan Marquez memiliki berat badan berbeda. Namun, Marquez memastikan dia siap untuk pertandingan itu.

Dia mengambil langkah latihan berbeda dibandingkan orang Meksiko kebanyakan. Juara dunia di empat kelas berat itu minum air kencingnya sendiri.

"Ini adalah sesuatu yang telah saya lakukan dalam enam atau tujuh pertandingan terakhir, dan itu telah memberi saya hasil yang bagus," katanya jelang pertandingan, dilansir dari Daily Star, Senin, 15 Maret.

“Jika Anda minum atau menyuntik diri sendiri dengan vitamin, Anda membuangnya setiap kali Anda ke kamar mandi. Mengapa tidak memasukkannya kembali ke tubuh lewat mulut?"

Juan Manuel Marquez minum air kencing sendiri (Tangkapan layar HBO)

Tapi, upaya yang dilakukan Marquez sama sekali tidak membantunya di atas ring. Mayweather memegang kendali, menjatuhkannya pada ronde kedua dan ronde keempat.

Mayweather menang angka dengan keputusan bulat dari para juri. Namun, saat itu, pria berjuluk Money Man ini tak bisa memungkiri jika dirinya kesulitan melawan Marquez.

"Dia pria besar yang hebat. Saya melakukan pukulan hebat yang menjatuhkannya, dan kemudian dia bangkit kembali dan terus berjuang. Dia pria yang tangguh," kata Mayweather.

"Saya sudah absen selama hampir dua tahun tetapi rasanya sangat senang bisa kembali. Saya senang dengan kemenangan ini tetapi saya tahu saya bisa menjadi lebih baik."

Sementara itu, Marquez bangkit kembali pada tahun 2010 untuk mempertahankan gelar ringannya melawan Juan Diaz dan menghadapi Manny Pacquiao setahun kemudian. Apakah dia masih minum air kencing?

"Atas nasihat dokter saya dan pelatih fisik saya Angel (Hernandez), mereka mengatakan kepada kami bahwa kami harus berhenti (minum air kencing sendiri)," kata Marquez.