<i>Wow</i>! Kekayaan Bersih Novak Djokovic Kini Sebesar Rp3,31 Triliun: Rp2,25 Triliunnya dari Turnamen ATP
Novak Djokovic (Twitter @djokernole)

Bagikan:

JAKARTA - Novak Djokovic baru saja menjuarai Wimbledon 2022 setelah mengalahkan Nick Kyrgios di partai final pada 10 Juli lalu. Ini merupakan gelar Wimbledon keempat secara beruntun untuk petenis Serbia itu.

Pertandingan ini menjadi final Grand Slam ke-32 secara keseluruhan, lebih banyak dari pemain lain dalam sejarah. Dia juga satu-satunya pemain yang memenangkan semua sepuluh turnamen ATP 1000 Masters.

Semua pencapaian ini, ditambah 88 kemenangan turnamen sepanjang kariernya, telah membantu pria berusia 35 tahun itu mengumpulkan kekayaan sebesar 220 juta dolar AS (Rp3,31 triliun). Belum lagi dia menjadi nomor satu dunia pada lima kesempatan berbeda.

Penghasilan profesional

Dalam hal hadiah uang, Djokovic telah mendapatkan 150 juta dolar AS (Rp2,25 triliun) dari turnamen ATP, membuatnya menjadi pemain dengan penghasilan tertinggi dalam sejarah tenis.

Pada tahun 2011, Djokovic membuat rekor baru untuk hadiah uang terbanyak yang dimenangkan dalam satu musim, mengumpulkan 12 juta dolar AS (Rp180,2 miliar).

Pada 2012, Djokovic menandatangani kontrak lima tahun dengan Uniqlo, selain itu juga menandatangani kesepakatan dengan Mercedes-Benz dan Seiko. Meski kontraknya dengan Uniqlo berakhir pada 2017, ia segera menjadi duta Lacoste.

Menikah dengan kekasih SMA-nya

Djokovic menikah dengan Jelena Risti, yang ia temui di sekolah menengah, dan mulai berkencan pada tahun 2005. Mereka menikah pada tahun 2014 dan dikaruniai anak pertama pada tahun yang sama, di mana anak keduanya lahir tiga tahun kemudian.

Djokovic adalah penggemar berat sepak bola dan sangat religius. Ia dikenal bermeditasi hingga satu jam sehari dan merupakan anggota Gereja Ortodoks Serbia.

Samai tiga legenda tenis

Kemenangan atas Nick Kyrgios pada hari Minggu telah menempatkan Djokovic pada posisi yang sama dengan tiga petenis lain di era Open, yaitu memenangkan empat gelar Wimbledon berturut-turut.

Pemain pertama yang melakukan prestasi itu adalah Bjorn Borg, yang memenangkan lima kejuaraan Wimbledon dari tahun 1976 hingga 1980. Pete Sampras memenangkan empat gelar berturut-turut dari tahun 1997 hingga 2000.

Dan yang ketiga dan yang paling baru melakukannya adalah Roger Federer, yang memenangkan lima gelar dari tahun 2003 hingga 2007.