Kualifikasi MotoGP Belanda 2022: Francesco Bagnaia Raih <i>Pole Position</i>, Fabio Quartararo di Posisi Kedua
Pebalap Ducati, Francesco Bagnaia. (Foto: Instagram.com/@pecco63)

Bagikan:

JAKARTA - Pebalap Ducati, Francesco Bagnaia berhasil menjadi yang tercepat saat menjalani kualifikasi MotoGP Belanda 2022, Sabtu, 25 Juni 2022. Tampil di Sirkuit Assen, Bagnaia mencatatkan waktu 1 Menit 31,504 detik.

Awalnya, Aleix Espargaro tampil dominan memimpin kualifikasi kedua, menyusul di belakangnya pebalap Yamaha MotoGP, Fabio Quartararo.

Selisih lima menit, giliran Jian Mir yang memacu motornya untuk naik menggeser posisi Espargaro. Sementara posisi kedua masih milik Quartararo disusul Bagnaia.

Posisi ini bertahan cukup lama dengan pergerakan urutan di bawahnya yang terus berubah.

Namun di lima menit terakhir, Bagnaia mampu menunjukkan kekuatannya dengan mencatatkan waktu tercepat 1 menit 31,504 untuk memimpin kualifikasi.

Sementara Jorge Martin yang juga sempat menguasai posisi pertama justru turun ke posisi kedua dan Quartararo ketiga.

Jorge Martin sempat terjatuh saat kualifikasi menyisakan waktu tiga menit. Namun dia mampu bangkit dan kembali melanjutkan sesi kualifikasi.

Bukan cuma Martin yang mengalami insiden, keadaan tak diinginkan juga menimpa Jack Miller. Ia mengalami kecelakaan di tikungan ketiga saat kualifikasi menyisakan satu menit.

Quartararo juga nyaris jatuh di tikungan kelima saat berupaya mengejar catatan waktunya pada lap terakhir. Beruntung ia berhasil melakukan penyelamatan dan mantap di posisi kedua.

Dengan catatan waktu tercepat di putaran terakhir, Bagnaia berhak meraih pole position pada balapan yang akan berlangsung Minggu, 26 Juni malam WIB.