Hasil FP3 MotoGP Belanda 2022: Aleix Espargaro Melesat, Bagnaia Terlempar dari 5 Besar
Pebalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro. (Dok. Situs resmi MotoGP)

Bagikan:

JAKARTA - Aleix Espargaro berhasil mencatatkan waktu tercepat dalam sesi latihan bebas (FP3) MotoGP Belanda 2022, Sabtu, 25 Juni. Pebalap Aprilia Racing itu mencatatkan waktu 1 menit 32,164 detik.

Dalam cuaca cerah dan trek yang kering, pebalap Ducati Francesco Bagnaia mencatatkan waktu tercepat pada lima detik pertama. 

Namun, perjalanan Bagnaia tak berlangsung mulus karena posisinya terus berubah setelah pebalap lain mampu mempertaham catatan waktunya.

Melewati lima menit berlangsungnya balapan, insiden menimpa Luca Marini. Pebalap VR46 Racing Team itu mengalami kecelakaan di tikungan ketiga Sirkuit Assen yang kemudian membuat bendera kuning dikibarkan.

Hingga menit kesebelas, posisi pebalap terus bergeser secara bergantian. Di tengah upaya menjadi yang tercepat. Kecelakaan kembali terjadi, kali ini menimpa Franco Morbidelli di tikungan ke-15 hingga membuatnya terguling-guling di gravel, lagi-lagi bendera kuning dikibarkan.

Di menit ke-23 FP3 MotoGP Belanda Band Binder sempat melakukan aksi penyelamatan gemilang saat nyaris jatuh di tikungan keempat. Binder mampu mengatur keseimbangan meski motornya sudah goyang dan nyaris jatuh.

Pada sembilan menit terakhir, Enea Bastianini juga mengalami kecelakaan di tikungan ketujuh yang membuat motornya hancur.

Sementara itu Aleix Espargaro yang sempat memimpin meski tak lama kembali disalip oleh Vinales. Tapi, Espargaro dengan luar biasa mampu kembali mengambil alih posisi tercepat dengan catatan waktu 1 menit 32,164 detik diikuti Quartararo.

Hingga FP3 berakhir Aleix Espargaro mampu mempertahankan posisi tercepat diikuti Quartararo dan Vinales di posisi kedua dan ketiga.

Sementara Bagnaia yang jadi pebalap tercepat di FP2 justru terlempar dari lima besar, ia finis di posisi keenam dengan catatan waktu 1 menit 32,440 detik.