Israel Berpeluang Tampil di Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia, Menpora: Tidak Ada Urusan dengan Politik, Semua Bisa Main di Sini
Menpora Zainudin Amali (Foto: Dok. Kemenpora)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memberi tanggapan soal timnas Israel yang punya kans tampil di Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. Menurutnya, negara manapun yang lolos akan dipersilakan tampil.

Hal tersebut disampaikan Amali terkait status Indonesia yang menjadi tuan rumah untuk Piala Dunia U-20 2023 mendatang. Peluang Israel untuk tampil di Tanah Air cukup jadi sorotan, mengingat negara tersebut banyak mendapat kecaman terkait konflik dengan Palestina yang terus bergejolak.

Namun begitu, Menpora menegaskan bahwa jika dilihat dari latar belakang yang berdasarkan aspek olahraga maka hal politik tak bisa dicampuri di dalamnya. Untuk itu, Amali mempersilakan hal tersebut.

“Sudah kita bahas dari 2019 semua negara yang lolos jadi peserta FIFA World Cup U-20 2023 akan dipersilakan main," kata Amali soal Israel yang kemungkinan tampil di Piala Dunia U-20 2023.

"Jadikan olahraga itu tidak ada urusan dengan politik, karena itu FIFA sudah menyampaikan pada kita siapa pun negara yang lolos itu harus bisa main di sini. Jadi tidak ada masalah," ucap Amali melanjutkan.

Soal Israel ini, Menpora juga menyatakan bahwa hal-hal terkait calon peserta Piala Dunia U-20 2023 sudah dibahas sejak 2019. Saat itu, Indonesia sudah ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 meski terpaksa diundur karena pandemi COVID-19.

Lebih lanjut, Amali juga menjawab pertanyaan soal keamanan seandainya Israel berkesempatan tampil di Piala Dunia U-20 2023 yang digelar di Indonesia. Menurutnya, hal ini juga akan menjadi perhatian penting dan akan menyerahkannya pada pihak keamanan guna adanya pembahasan khusus.

"Pasti pihak keamanan kita akan bisa memberikan rasa aman. Ini hal yang perlu diperhatikan," kata Amali menjelaskan.

Saat ini, Israel menyandang status sebagai runner up Grup B Piala Eropa U-20 2022. Israel mengumpulkan poin empat dari dua pertandingan dan masih akan menjalani pertandingan penentuan melawan Inggris.

Seandainya Israel tergeser dari posisi runner up Grup B setelah laga itu, mereka masih punya kesempatan tampil di Piala Dunia U-20 2023 lewat jalur play off. Dan untuk mendapat tiket itu, mereka lebih dulu melawan antara peringkat ketiga Grup A dan Grup B.