Batal Balapan di Sirkuit Sachsenring, Alex Rins Kemungkinan Turun di MotoGP Belanda
Pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins. (Dok. MotoGP)

Bagikan:

JAKARTA - Pebalap Suzuki Escstar, Alex Rins, berpeluang untuk balapan di MotoGP Belanda, akhir pekan nanti. Meskipun kondisinya belum pulih 100 persen, Rins mengaku sudah jauh lebih baik dari sebelumnya.

Saat seri ke-10 MotoGP 2022 di Sirkuit Sachsenring Jerman, Alex Rins memutuskan mundur jelang balapan. Dia mengaku, merasakan sakit yang luar biasa sehingga tak yakin bisa maksimal saat balapan.

"Ketika saya tak duduk di motor dan banyak bergerak, kesehatan saya meningkat hari demi hari. Saya tak berpikir akan 100 persen di Assen. Namun, saya yakin akan lebih baik ketimbang Sachsenring," kata Rins.

Di Sachsenring, Alex Rins mengambil risiko dengan tetap membalap meski belum pulih 100 persen. Dia kemudian menjalani hari pertama dengan kesulitan.

Pebalap asal Spanyol itu kemudian lebih merasakan sakit pada keesokan harinya. Namun, dia tetap memaksakan diri.

"Saya memberikan 110 persen untuk mencatat lap tercepat, tapi itu sangat menyakitkan. Itu kenapa saya memutuskan untuk membatalkan balapan dan datang ke Assen untuk persiapan yang lebih baik," tuturnya.

Alex Rins kemudian membantah alasannya mundur karena keputusan Suzuki Ecstar yang cabut dari MotoGP. Ada yang beranggapan, Rins dalam kondisi tertekan.

Beberapa pihak melihat, performa Rins dan Joan Mir memang jauh menurun setelah pengumuman itu.

"Saya tak merasa mendapatkan tekanan apapun," ujarnya.