Perjudian yang Membawa Fabio Quartararo Jadi Raja Baru Sachsenring
Pebalap Yamaha Racing MotoGP, Fabio Quartararo. (Foto: Dok. MotoGP)

Bagikan:

JAKARTA - Pebalap Yamaha Racing MotoGP, Fabio Quartararo, dinobatkan sebagai "raja baru" Sirkuit Sachsenring. Dia menjadi pemenang balapan MotoGP Jerman yang digelar Minggu, 19 Juni.

Siapa sangka, Fabio Quartararo melakukan perjudian dalam balapan tersebut. Dia mengambil risiko dengan memilih kompom ban belakang yang berbeda dari lawan-lawannya.

Fabio Quartararo memilih ban belakang medium di saat para rivalnya menggunakan ban belakang yang lebih keras. Padahal saat itu kondisi cuaca di Sirkuit Sachsenring sangat panas.

Pebalap asal Prancis itu mengakui kesulitan saat balapan. Namun, semuanya terbayarkan dengan trofi kemenangan.

"Saya lelah. Saya menderita sepanjang akhir pekan ini, dan di balapan saya sedikit terbatuk-batuk. Saya tak punya kata-kata untuk ini," ujar Quartararo dalam laman resmi MotoGP, seperti dikutip Antara.

"Kami membuat pilihan ban belakang medium, yang sangat berisiko, dan di balapan kami beruntung karena (performanya) menurun lebih cepat dari yang diperkirakan, tapi saya sangat senang," lanjutnya.

Kemenangan Quartararo ini menjadi yang pertama untuk Yamaha di Sachsenring sejak terakhir kali dilakukan Valentino Rossi pada 2009 silam.

Selain itu, kemenangan juga membuat Fabio Quartararo semakin menjauh dari para rivalnya di klasemen pebalap MotoGP 2022. Dia kini mengoleksi 172 poin, unggul 34 poin dari Aleix Espargaro yang menempati posisi kedua.