Di Awal Karier, Shaquille O'Neal Habiskan 1 Juta Dolar dalam Satu jam
Shaquille O'Neal (Foto: MARCA)

Bagikan:

JAKARTA - Dwyane Wade dan Shaquille O'Neal memiliki karier basket yang sukses dan punya banyak kesamaan baik di dalam maupun di luar lapangan. 

Di luar lapangan, mereka pernah melakukan hal-hal konyol: keduanya menghamburkan banyak uang ketika mereka memulai karier di NBA. Kini, mereka berharap anak-anak muda dapat belajar dari kesalahan mereka yang bodoh dan boros itu. 

Kedua legenda NBA duduk dengan bintang Shark Tank, Daymond John di Black Entrepreneur Day untuk berbicara dengan kaum muda tentang pentingnya mengelola finansial di era sekarang. 

Shaq mengakui bahwa dia tidak memiliki pendidikan mumpuni di bidang keuangan ketika dia menjadi profesional.

"Setelah menandatangani perjanjian sponsor pertama saya, saya menghabiskan 1 juta dolar dalam satu jam untuk membeli beberapa mobil mewah, perhiasan, dan perjalanan ke Las Vegas," kata Shaq dilansir dari MARCA, Selasa, 27 Oktober. 

Faktanya, Shaq menghabiskan begitu banyak uang sehingga manajer bank memanggilnya: "Dia memperingatkan saya bahwa saya akan hancur jika saya terus membelanjakan uang seperti orang gila, karena saya tidak memperhitungkan hal-hal seperti pajak penghasilan dan seterusnya," jelas Shaq. 

Sementara itu, Dwyane Wade menceritakan kisah yang sangat mirip, mengatakan dia melakukan beberapa investasi yang buruk karena dia tidak tahu apa yang dia lakukan. 

"Saya menghabiskan banyak uang," kata Wade. "Saya memiliki hubungan yang buruk dengan orang-orang dari perusahaan di luar bola basket: restoran ..." 

Wade mengatakan dia tidak menerima pendidikan mengenai keuangan dan harus belajar dengan cara yang keras setelah dia dimanfaatkan. 

Tapi sekarang, kedua superstar itu berharap kerugian mereka di masa lalu bisa menjadi keuntungan mereka saat ini. Mereka menekankan pentingnya kecerdasan mengelola finansial agar kaum muda membelanjakan uangnya dengan bijak dan tidak cepat bangkrut.