Perempat Final Indonesia Masters 2022: Anthony Ginting Unggul <i>Head-to-Head</i> 4-1 Lawan Lee Zii Jia
Anthony Sinisuka Ginting (Foto: PBSI)

Bagikan:

JAKARTA – Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting bakal bersua Lee Zii Jia di perempat final Indonesia Masters 2022. Di atas kertas, wakil Merah Putih unggul head to head.

Anthony menjadi satu-satu wakil tunggal putra yang akan berlaga di babak delapan besar ajang Super 500 BWF itu di Istora Senayan, Jakarta, pada Jumat, 10 Juni.

Jika melihat sejarah pertemuan, Anthony seharusnya cukup favorit keluar sebagai pemenang kontra Lee Zii Jia. Namun, penampilannya yang kurang konsisten belakangan ini kontras dengan wakil Malaysia itu.

Penampilan Lee Zii Jia begitu pesat dalam dua tahun terakhir. Sebaliknya, performa Anthony naik-turun sehingga membuat rankingnya di BWF digeser Lee Zii Jia.

"Kalau ditanya itu (ranking) saya nggak mikir ke situ, saya fokus lebih ke performa saja, yang kita tahu performa saya belakangan kurang baik, tapi makin ke sini makin baik. Fokusnya buat mempersiapkan diri dulu aja," kata Atlet 25 tahun itu.

Sejauh ini, Anthony dan Lee Zii Jia sudah bertemu sebanyak lima kali. Atlet kelahiran Cimahi, Jawa Barat, itu unggul dengan mengemas total empat kemenangan.

Satu-satunya kekalahan yang diderita Anthony dari Lee Zii Jia terjadi Sudirman Cup 2021 lalu. Adapun satu kemenangan terbaru atas Lee Zii Jia didapat Anthony pada ajang Thomas Cup di Denmark pada ujung tahun lalu.

Meski demikian, Lee Zii Jia sedangkan dalam penampilan terbaik. Ia tercatat baru saja meraih gelar di Thailand Open 2022 dan Kejuaraan Asia 2022.

Sebaliknya Anthony, kalah di babak 16 besar Jerman Open 2022, perempat final All England 2022, dan gagal mencapai final di Swiss Open. Performanya juga menurun di ajang Thomas Cup tahun ini.

Dengan demikian, pertemuan di delapan besar Indonesia Masters tahun adalah kesempatan terbaik Anthony membuktikan diri atas keunggulan statistik yang ia miliki sekalipun lawannya sudah menanjak lebih tinggi di peringkat BWF.

"Pasti ingin kalau urusan pembuktian. Siapa yang tidak ingin menang. Namun, menurut saya yang menjadi kunci dari diri sendiri harus lebih siap dulu," ujar atlet yang akrab disapa Ginting itu.

Selain Anthony, ada lima wakil Indonesia lainnya yang bakal berlaga pada hari ini. Di antaranya adalah Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva, Febby Valencia Dwijayanti/Ribka Sugiarto, dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.