Ketidakpastian Kompetisi Liga 1 2020 Bikin Pelatih Persebaya Putar Otak Ciptakan Variasi Latihan
Latihan Persebaya Surabaya. (Dok. Persebaya Surabaya)

Bagikan:

JAKARTA - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sudah mengumumkan kompetisi Liga 1 2020 akan dilanjutkan pada 1 November mendatang. Namun, keputusan ini belum pasti terlaksana. 

Pasalnya, PSSI dan PT LIB belum mendapatkan izin keramaian dari pihak kepolisian. Jika batal digelar pada 1 November, PSSI dan PT LIB sudah menyiapkan dua opsi lainnya.

Ketidakpastian ini membuat sejumlah klub kesulitan dalam mengatur program latihan, termasuk Persebaya Surabaya. Pelatih Aji Santoso harus putar otak untuk menyiapkan program latihan yang tepat buat timnya.

Aji mengatakan, tim Bajul Ijo hanya berlatih ringan untuk sementara ini. Mantan pelatih timnas Indonesia ini meramu latihan agar tak memberikan motivasi pemain yang tengah bosan menunggu ketidakpastian kompetisi.

Salah satunya adalah dengan menggelar banyak unsur fun game dalam latihan. Seperti game dengan hukuman gendong pada latihan Persebaya pada Senin kemarin. 

Aji mengungkapkan, langkah ini cukup efektif dalam meningkatkan antusiasme para pemain. "Para pemain cukup antusias. Artinya anak-anak latihannya sangat serius meskipun baru latihan pertama," ujar Aji Santoso.

Sebelumnya, Aji Santoso juga menerapkan latihan rugby kepada anak asuhnya. Tujuan dari variasi latihan ini untuk membuat para pemainnya merasa happy.

Dia menegaskan, kondisi para pemain tengah menurun dengan kompetisi Liga  1 2020 yang belum jelas nasibnya. "Saya lihat mental para pemain memang lagi turun," katanya.