Lanjutan Kompetisi Liga 1 Masih Belum Jelas, Ini Alasan Persebaya Surabaya Tetap Latihan
Skuat Persebaya Surabaya tengah melakoni latihan di tengah penundaan kompetisi Liga 1. (Dok Persebaya Surabaya)

Bagikan:

JAKARTA - Penundaan lanjutan kompetisi Liga 1 2020 digunakan sejumlah tim untuk meliburkan para pemainnya. Namun, ada juga klub yang tetap melakoni latihan seperti biasa.

Contohnya Persebaya Surabaya. Klub berjuluk Bajul Ijo tersebut tetap menggelar latihan seperti biasa meski belum jelas kapan kompetisi dilanjutkan.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso mengungkapkan, kenapa timnya tetap menggelar latihan di tengah ketidakpastian kompetisi. Dia menyebut, ini jadi ujian untuk profesionalisme para pemain.

Pasalnya, lanjut Aji, manajemen tetap membayarkan kontrak dan gaji pemain. Sehingga tak ada alasan untuk para pemain tak mengikuti instruksi manajemen.

"Hak-hak juga dipenuhi dengan baik oleh manajemen, jadi wajib latihan," kata Aji yang juga mempertimbangkan beberapa hal.

Diakui Aji, latihan kali ini tak sama intensitasnya seperti persiapan jelang lanjutan kompetisi Liga 1. Ada beberapa penyesuaian menu latihan yang diberikan.

Sementara itu, Aji dan manajemen Persebaya terus memperingatkan para pemain untuk menjaga kondisi tubuh. Selain itu, skuad Bajul Ijo juga diminta terus menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari penularan COVID-19.

Meski tak bisa memantau setiap saat, Aji Santoso yakin para pemainnya bisa menjaga diri. "Mereka sudah dewasa dan pemain profesional. Tahu mana yang baik dan buruk buat mereka," ujarnya.