Timnas U-19 Menang, Shin Tae-yong Senang
Timnas U-19 Indonesia (Foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih tim nasional U-19 Indonesia Shin Tae-yong memuji penampilan para pemainnya setelah menaklukkan tim muda klub divisi kedua Liga Kroasia NK Dugopolje dengan skor 3-0 di Kroasia, Kamis, 8 Oktober malam waktu setempat.

"Saya mengapresiasi pemain yang mampu memenangkan laga ini. Kami sanggup mencetak tiga gol di babak pertama dan itu menambah kepercayaan diri pemain. Gol-gol itu tercipta melalui proses yang baik," ujar Shin, dikutip dari Antara, Jumat.

Menurut juru taktik asal Korea Selatan itu, semua pemain yang diturunkan tampil bagus dalam pertandingan tersebut, termasuk yang masuk ke lapangan dari bangku cadangan termasuk Yofandani Damai dan Muhammad Fadhil.

Yofandhani (kiper) dan Fadhil menjalani debut uji cobanya di Kroasia saat melawan Dugopolje. Mereka masuk pada babak kedua.

"Saya rasa mereka bermain dengan baik," kata Shin.

Kemenangan atas Dugopolje pun disambut gembira oleh para pemain.

Akan tetapi, gelandang timnas U-19 Muhammad Kanu Helmiawan menegaskan bahwa dia dan rekan-rekannya tidak boleh terlena dengan situasi tersebut.

"Itu hasil yang bagus dan kami tidak kebobolan. Meski begitu, masih ada yang perlu dibenahi dan kami harus terus bekerja keras. Saya pribadi senang diturunkan oleh pelatih di babak kedua," tutur Kanu.

Tim nasional U-19 Indonesia membenamkan tim muda klub divisi kedua Liga Kroasia NK Dugopolje dengan skor 3-0 dalam laga uji coba yang berlangsung di Stadion NK Uskok Klis, Split, Kroasia.

Ketiga gol Indonesia dibuat oleh Braif Fatari, Brylian Aldama (penalti) dan Witan Sulaeman.

Itu menjadi kemenangan ketiga timnas U-19 Indonesia dari delapan laga uji coba selama berada di Kroasia. Sebelumnya, mereka berhasil menaklukkan Qatar dan Dinamo Zagreb.

Pada laga uji coba berikutnya, timnas U-19 akan melawan Macedonia Utara pada Minggu, 11 Oktober.

Timnas U-19 dijadwalkan menjalani enam pertandingan uji coba selama bulan Oktober 2020 di Kroasia.

Setelah bertemu Dugopolje dan Macedonia Utara, mereka akan kembali menghadapi Macedonia Utara pada Rabu, 14 Oktober, lalu menjajal kekuatan Bosnia-Herzegovina pada Selasa (20 Oktober) dan Jumat (23 Oktober).

Uji coba terakhir timnas U-19 pada bulan Oktober 2020 ditetapkan pada Senin (26 Oktober) dengan lawan yang belum ditetapkan.

Semua pertandingan itu menjadi bagian dari pemusatan latihan (TC) timnas U-19 sebagai persiapan menuju Piala Asia U-19 yang rencananya dilaksanakan pada awal tahun 2021 di Uzbekistan.

Setelah Piala Asia U-19, timnas U-19 diproyeksikan untuk berkompetisi di Piala Dunia U-20 tahun 2021 yang dilaksanakan pada 20 Mei-12 Juni 2021 di Indonesia.