Son Heung-min dan Mohamed Salah Jadi <i>Top Scorer</i> Liga Premier 2021/2022, Berbagi Sepatu Emas
Son Heung-min dan Jose Mourinho (Instagram @SpursOfficial)

Bagikan:

JAKARTA – Son Heung-min membuat prestasi mentereng di Liga Premier musim 2021/2022. Ia sukses menjadi top scorer kompetisi sepak bola kasta tertinggi Inggris itu.

Pemain Korea Selatan itu total mencetak 23 gol bersama Tottenham Hotspur. Capaian ini membuat ia berbagi sepatu emas dengan penyerang Liverpool Mohamed Salah yang juga mencetak jumlah gol yang sama.

Son pun mengukuhkan diri sebagai pemain Asia pertama yang menorehkan kesuksesan itu. Selain itu, di lima liga top Eropa (Prancis, Jerman, Spanyol, Italia, dan Inggris) belum ada pemain Asia lain yang bisa menjadi top scorer selain Son.

Pemain 29 tahun itu dipastikan sebagai top scorer setelah mencetak dua gol pada laga terakhir melawan Norwich City untuk melampaui Salah.

Namun, Salah yang turun bermain melawan Wolverhampton Wanderers dari bangku cadangan, juga mencetak satu gol untuk menyamai catatan Son.

"Luar biasa mendapat penghargaan ini. Saya tidak percaya dan emosional. Saya memimpikannya sejak kecil," ujar Son, dinukil BBC Sport.

Berada di belakang kedua nama itu ada Cristiano Ronaldo dengan 18 gol. Mengekor di belakang bintang Portugal itu adalah rekan setim Son, Harry Kane.

Adapun rekan satu tim Salah Sadio Mane yang mencetak 16 gol pada musim ini berhasil melengkapi daftar lima besar. Berturut-turut lima pemain lain yang berada di sepuluh besar adalah Kevin De Bruyne, Diogo Jota, Jamie Vardy, Wilfried Zaha, dan Raheem Sterling.