Pasangan Ganda Putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto Tembus Final Bulu Tangkis Thailand Open 2022
Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian (depan) dan Muhammad Rian Ardianto, melaju ke final bulu tangkis Thailand Open 2022 usai menekuk pasangan Malaysia. (Instagram/@fajaralfian95)

Bagikan:

JAKARTA — Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhasil ke final Thailand Open 2022 setelah menang atas wakil Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Kemenangan straight gim 21-19, 21-14 yang didapat Fajar/Rian di Impact Arena pada Sabtu, 21 Mei malam WIB, membuka peluang bagi mereka untuk mencuri gelar kedua tahun ini.

Fajar/Rian langsung tertinggal tiga angka pada awal gim pertama. Pasangan peringkat ketujuh dunia itu lalu bangkit dan berhasil memimpin 11-8 pada interval.

Setelah dari jeda ganda Malaysia bangki dan berhasil menyamai skor 13-13. Lima kali kedudukan sama sempat tercipta setelah itu sebelum Fajar/Rian meraih dua angka beruntun pasca poin 19-19 untuk menutup gim pertama.

Memasuki gim kedua, Fajar/Rian langsung tancap gas menelurkan dua angka berturut-turut. Selisih angka itu terus mereka jaga sampai unggul empat poin saat rehat.

Setelah jeda, pasangan Malaysia tidak punya kesempatan sama sekali untuk menyamai perolehan poin Fajar/Rian. Mereka dipaksa cuma menambah tujuh poin lagi sehingga harus menunda mimpi ke final.

Ini menjadi kemenangan kedua beruntun Fajar/Rian atas pasangan peringkat keenam dunia itu. Kemenangan sebelumnya didapat Fajar/Rian saat mereka bertemu di babak yang sama di Swiss Open pada Maret lalu.

Namun, Fajar/Rian masih kalah head to head 2-3 dari Aaron/Soh. Sebelum dua kekalahan ini, Aaron/Soh tercatat tiga kali beruntun menang atas Fajar/Rian di tahun 2019, yakni China Open, All England, dan Malaysia Masters.

Di Thailand Open tahun ini, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto adalah satu-satunya wakil Indonesia yang berhasil melaju ke final. Jika keluar sebagai juara maka ini akan jadi gelar kedua mereka tahun ini setelah Swiss Open.