Sengit! IM Medina dan WIM Ummi Kuasai Nomor Catur Cepat Putri, Kontingen Indonesia Tambah Koleksi Medali Emas
Cabang olahraga (cabor) catur menambah perolehan medali emas Indonesia di SEA Games 2021. (Foto: Instagram.com/@timindonesiaofficial)

Bagikan:

JAKARTA - Cabang olahraga (cabor) catur menambah perolehan medali emas Indonesia di SEA Games 2021 Hanoi pada Kamis, 19 Mei. Tambahan ini membuat kontingen Indonesia kini mengoleksi 38 medali emas.

Medali emas untuk Merah Putih ini dipersembahkan IM Medina Warda Aulia dan WIM Ummi Fisabilillah yang menguasai nomor catur cepat putri.

Pada babak penentuan yang digelar di Gedung Quang Ninh Exhibition Center, Vietnam, wakil Indonesia berhadapan dengan jagoan Thailand. Mereka menang 1,5 - 0,5 sehingga total poin yang dikoleksi tim Indonesia menjadi 6,0.

Poin itu sama dengan yang diraih Vietnam yang pada babak terakhir menang mutlak 2-0 atas Malaysia.

Namun, pasangan IM Medina dan WIM Ummi, lebih berhak mendapatkan medali emas setelah dilakukan perhitungan melalui Tiebreak (TB) 2, di mana pemenang diberi nilai 2, seri 1 dan kalah 0.

Dalam empat babak yang dimainkan dalam sistem round robin sebelumnya, pasangan Indonesia mencatatkan tiga kemenangan dan sekali seri. Jadi, total nilai TB2 IM Medina dan WIM Ummi adalah tujuh.

Sementara pasangan Vietnam mengoleksi tiga kemenangan dan satu kekalahan dari empat pertandingan sebelumnya. Nilai mereka hanya enam.

Dengan tambahan satu emas dari nomor catur cepat putri, tim catur Indonesia sejauh ini sudah menyumbang total dua emas untuk Indonesia. Satu emas sebelumnya disumbangkan WIM Dewi AA Citra yang turun di nomor catur standar.

Sementara itu, ini merupakan medali emas kedua kontingen Indonesia pada hari ini, Kamis, 19 Mei. Medali emas pertama hari ini diraih cabor atletik lewat Odekta Naibaho Elvina di nomor marathon putri.