Asian Para Games 2023: Tim Catur Borong Tujuh Medali Emas, Kontingen Indonesia Lewati Korea Selatan
Atlet catur Indonesia menggondol tujuh medali emas Asian Para Games 2023, Kamis, 26 Oktober. (Foto: Twitter/@kemenpora)

Bagikan:

JAKARTA – Kontingen Indonesia kebanjiran medali emas dari cabang olahraga catur. Total ada tujuh medali emas Asian Para Games 2023 yang berhasil diborong cabor tersebut.

Tujuh medali emas dari catur didapat pada Kamis, 26 Oktober 2023 siang. Sumbangan medali emas itu melalui Tirto pada nomor Individual Standard PI putra, Wijayanti Putri Brahmana Aisah di nomor Individual Standard VI-B2/B3 putri, dan Yoga Indra di nomor individual standard VI-B1 putra.

Selain itu Indonesia juga merebut medali emas catur nomor tim standard VI-B1 putra, tim standard PI putra, tim standard VI-B2/B3 putri, dan tim standard PI putri.

Tambahan tujuh medali emas tersebut membuat Indonesia kini menempati peringkat ketujuh klasemen sementara perolehan medali. Rinciannya, Indonesia sudah mengumpulkan 17 medali emas, 13 perak, dan 25 perunggu.

Saat ini Indonesia unggul sementara atas Korea Selatan yang mengisi peringkat kedelapan dengan 16 medali emas. Di belakang Korea ada Malaysia yang masih bertahan dengan tujuh medali emas.

Sementara itu, posisi pertama masih tetap menjadi milik tuan rumah. Chi

na sejauh ini telah mendapat 134 medali emas, 112 perak, dan 95 perunggu, yang membuat posisi mereka tidak mungkin lagi digeser.

Sebelum tujuh medali emas di atas, pagi tadi Indonesia juga sudah mengamankan tiga medali emas. Masing-masing dari Muhammad Fadli Immanudin, Sri Sugiyanti, dan Saptoyogo Purnomo.