Titik Cerah Proses Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh: Segera Tiba di Jakarta untuk Rampungkan Urusan
Jordi Amat segera merampungkan proses naturalisasi jadi pemain timnas Indonesia. (Foto via situs resmi PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh kemungkinan akan segera rampung. Kedua pemain itu akan tiba di Jakarta dalam waktu dekat untuk menyelesaikan urusan naturalisasi.

Jordi Amat bakal mendarat di ibu kota pada Sabtu, 14 Mei nanti. Pesepak bola berusia 30 tahun itu sudah mengantongi tiket penerbangan dari Barcelona, Spanyol, menuju Jakarta.

Sekjen PSSI Yunus Nusi mengatakan, Sandy Walsh akan menyusul di pekan berikutnya setelah menyelesaikan semua urusannya di Belgia.

''Kami sangat berterima kasih kepada Kemenpora dan Kemenkumham yang selama ini membantu proses naturalisasi ini. Proses administrasi telah berjalan dan kami berharap semuanya berjalan lancar sehingga baik Jordi dan Sandy bisa segera memperkuat timnas Indonesia,'' ujar Yunus Nusi di situs federasi.

Proses naturalisasi kedua pemain ini dikebut atas permintaan Shin Tae-yong. Jika proses naturalisasi bisa berjalan cepat, mereka kemungkinan sudah bisa bergabung dengan timnas Indonesia pada ajang Kualifikasi Piala Asia 2023 awal Juni di Kuwait.

Sebelumnya Yunus Nusi sudah melakukan pertemuan dengan perwakilan Kemenkumham pada Selasa, 26 April lalu.

Saat itu perwakilan PSSI diterima oleh Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) Kemenkumham, Cahyo Rahadian Muzhar dan Direktur Tata Negara pada Ditjen AHU Kemenkumham, Baroto.

Di pertemuan itu, Cahyo memberi arahan kepada stafnya untuk menyelesaikan proses ini lebih cepat. Ia pun sangat antusias mendengar penjelasan dari PSSI terkait program ini.

"Pihak Kemenkumham sangat membantu dan mendukung proses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat ini agar selesai dengan cepat," kata Yunus.

Selama di Jakarta, Jordi yang bermain untuk klub di K.A.S. Eupen, Belgia, akan mengunjungi Kedutaan Besar Spanyol di Indonesia. Selain itu, ia juga melakukan medical check up di salah satu Rumah Sakit di Jakarta.