Berita Duka, Legenda NBA Bob Lanier Meninggal Dunia
Bob Lanier (Twitter @nba)

Bagikan:

JAKARTA - Legenda NBA yang masuk Hall of Fame, Bob Lanier, meninggal dunia dalam usia 73 tahun Selasa waktu setempat setelah sempat mengalami sakit, kata NBA seperti dikutip AFP, Rabu.

Lanier yang bermain selama 14 musim sampai pensiun pada 1984 memiliki statistik 20,1 poin per pertandingan dari 959 penampilan.

Legenda bertubuh tinggi menjulang 6 kaki 10 inci ini menghabiskan sepuluh tahun pertama kariernya bersama Detroit Pistons sebelum bergabung dengan Milwaukee Bucks pada musim 1979-1980. Bersama Bucks dia bermain selama lima musim.

"Bob Lanier adalah pemain Hall of Fame dan salah satu center paling berbakat dalam sejarah NBA, dampaknya terhadap liga jauh melampaui apa yang dicapainya di di lapangan," kata Komisioner NBA Adam Silver dikutip Antara, Rabu, 11 Mei.

Lanier menjadi duta NBA untuk dunia setelah pensiun dan pernah menjadi mengetuai sebuah prakarsa mendorong anak tetap bersekolah yang digagas NBA.

Dia diabadikan dalam Naismith Hall of Fame pada 1992, sementara jersey nomor 16 miliknya sudah dipensiunkan oleh Pistons dan Bucks.

"Itu adalah bakti penuh kasih bagi Bob yang merupakan salah seorang insan paling baik dan paling tulus yang pernah ada," tambah Silver.

"Kami menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada keluarga dan sahabat-sahabat Bob."