Bagikan:

JAKARTA - Legenda NBA, Bill Walton, meninggal pada usia 71, Senin, 27 Mei 2024, waktu setempat, setelah berjuang melawan kanker.

Komisaris NBA, Adam Silver, merilis pernyataan terkait meninggalnya pemain ikonik tersebut.

"Bill Walton benar-benar orang yang unik. Sebagai pemain Hall of Fame, dia mendefinisikan ulang posisi center," tulis pernyataan tersebut.

Keahlian unik itu menjadi kekuatan dominan di UCLA dan membawanya ke musim reguler NBA dan MVP Final, dua kejuaraan NBA, dan satu tempat di Anniversary Teams NBA ke-50 dan ke-75.

Bill kemudian menerjemahkan antusiasme dan kecintaannya terhadap olahraga ini ke dunia media alias sebagai komentator.

Dia menyampaikan komentar yang penuh wawasan dan penuh warna yang menghibur generasi penggemar bola basket.

"Sebagai anggota keluarga NBA yang disayangi selama 50 tahun, Bill akan sangat dirindukan oleh semua orang yang mengenal dan mencintainya," tulis Adam Silver.

Walton bermain 10 musim di NBA dalam perjalanannya menuju Hall of Fame. Dia menghabiskan waktu bersama Portland Trailblazers, Los Angeles Clippers, dan Boston Celtics.

Gelar juara NBA datang bersama Trailblazers dan Celtics. Selain MVP dan trofi, Walton memimpin liga dalam blok dan rebound pada 1977, serta memenangi Pemain Terbaik Keenam pada 1986.

Walton pindah ke media olahraga setelah pensiun dari NBA pada 1990. Dia menghabiskan waktu sebagai komentator untuk CBS, NBC, ABC, dan ESPN.

Walton juga menghabiskan waktu sebagai komentator untuk Los Angeles Clippers dan Sacramento Kings.

Media olahraga bukanlah satu-satunya hal yang Walton coba. Dia juga mengikuti audisi untuk peran Chewbacca di Star Wars.

Dia memiliki tinggi badan sesuai untuk peran tersebut. Namun, pada akhirnya, dia tidak pernah dipertimbangkan.

"Saya mengikuti audisi untuk Chewbacca dan mereka berkata, 'Tidak, tapi kami akan meniru karakter Anda'," kata Walton beberapa waktu lalu.

Walton memang muncul dalam satu film, memiliki peran kecil di film Ghostbusters tahun 1984.

Pemain Hall of Fame ini menjadi ikon di dalam dan di luar lapangan. Penghormatan mengalir untuknya di media sosial.

"Berita yang sangat menyedihkan. Bill Walton adalah salah satu tokoh paling menarik, menarik, dan pencinta bola basket yang pernah saya temui saat meliput pertandingan ini. Dia akan sangat, sangat, sangat dirindukan," kata reporter NBA, Marc Stein.

"Beristirahatlah dengan tenang, Bill Walton, salah satu sosok sejati, yang entah bagaimana membawa kegembiraan dan kreativitas ke dalam olahraga bola basket sama seperti siapa pun," tulis pendiri The Ringer, Bill Simmons.

"Pria itu melakukan perjalanan gembira melintasi kosmos. Terima kasih atas hidup Anda," pembawa acara SportsCenter, Scott Van Pelt.

"RIP kepada seorang legenda. Doa dan cinta untuk semua orang yang dicintai Bill," kata penyiar ESPN, Ryan Ruocco.

"Ketika Anda memikirkan orang-orang yang mendefinisikan keaslian, Bill Walton adalah kata tepat. Dia adalah seorang yang bersinar dalam bola basket dan baik kepada semua orang yang dia temui," tulis penyiar Fox Sports, John Fanta.