Asosiasi Atletik Asia Lakukan Upaya Terakhir, Peluang untuk Eki Febri Erawati Raih Medali Emas SEA Games 2021
Atlet tolak peluru putri Indonesia, Eki Febri Erawati, punya potensi meraih medali emas SEA Games 2021. (Foto via Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Harapan Eki Febri Erawati untuk tampil di SEA Games 2021 hidup kembali. Pasalnya, Asosiasi Atletik Asia (AAA) masih berupaya memperjuangkan tolak peluru putri tetap dipertandingkan.

Diberitakan sebelumnya, tolak peluru putri batal dipertandingkan karena kurang peserta. Keputusan ini diambil dalam Delegation Registration Meeting, 6 Mei lalu, setelah nomor ini hanya diikuti dua negara, yakni Thailand dan Indonesia.

Selain tolak peluru putri, nomor lontar martil putra juga batal dilaksanakan karena alasan yang sama. Di nomor itu, hanya ada Thailand dan Malaysia.

Namun, AAA masih mencoba agar dua nomor itu tetap dipertandingkan. Perwakilan AAA, C.K. Valson dan Surapong Ariyamongkol, dilaporkan terbang ke Hanoi untuk melakukan upaya terakhir.

Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal PB PASI, Tigor Tanjung. Dia berharap, upaya dari AAA ini bisa membuahkan hasil positif.

"Atletik Vietnam menolak dengan mengacu pada technical handbook yang sudah disepakati. Hari ini (Selasa, 10 Mei), Valson dan Surapong datang ke Hanoi mencoba mendesak agar dua nomor ini tetap dimainkan. Ini usaha terakhir," kata Tigor, seperti dikutip Antara.

Indonesia berpeluang meraih medali emas dari nomor tolak peluru putri jika nantinya dipertandingkan. Eki Febri Erawati berpotensi besar mengharumkan nama Indonesia jika menilik dari pencapaian sebelumnya.

Pada SEA Games 2017 Malaysia, Eki Febri Erawati sukses menggondol medali emas. Sementara pada SEA Games 2019 Filipina, dia merebut medali perak.