Siti Nafisatul Sumbang Emas Perdana Indonesia, Emilia Nova Cetak <i>Season Best</i> di ISG 2021 Turki
Lifter Siti Nafisatul Hariroh meraih medali emas ISG 2021. (Foto via Antara/ISG Photo)

Bagikan:

JAKARTA - Kontingen Indonesia akhirnya meraih medali emas pertama di ajang Islamic Solidarity Games (ISG) 2021 di Konya, Turki. Emas ini dipersembahkan lifter Siti Nafisatul Hariroh pada Kamis, 11 Agustus, kemarin.

Siti meraih emas di kelas 45 kilogram (kg) putri setelah membukukan total angkatan 159 kg. Dia mengalahkan wakil tuan rumah, Cansu Bektas, yang merebut medali perak.

Sedangkan medali perunggu diraih atlet angkat besi dari Azerbaijan, Nazila Ismayilova, demikian yang dilansir Antara.

Sementara itu, lifter Satrio Adi Nugroho yang turun di kelas 55 kg mendulang medali perunggu. Dia mencatatkan total angkatan 244 kg.

Di cabang atletik, Emilia Nova meraih medali perunggu di nomor 100 meter lari gawang putri. Atlet yang akrab disapa Emil ini membukukan catatan waktu 13,59 detik.

Ini merupakan catatan terbaiknya sepanjang musim ini (season best). Sebelumnya, catatan terbaik Emil adalah 13,69 detik saat meraih medali perak di SEA Games 2021 Hanoi.

Pada nomor ini, medali emas diraih atlet tuan rumah, Sevval Ayaz. Sementara medali perak direbut wakil Togo, Naomi Akasiwa Akakpo.

Hasil ini menambah dua medali yang sudah diraih kontingen Indonesia sebelumnya di ISG 2021. Medali itu dipersembahkan tim balap sepeda putri nomor trek omnium elite (medali perak) dan Eki Febri Ekawati (medali perunggu).