Atlet Tolak Peluru Eki Febri Sumbang Emas Pertama bagi Atletik, Juga Sukses "Balas Dendam"
Eki Febri Erawati menyumbang medali emas pertama Indonesia di cabor atletik. (Foto Dok. NOC Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA – Atlet tolak peluru andalan Indonesia Eki Febri Ekawati berhasil mempersembahkan medali emas pertama bagi cabang olahraga atletik di SEA Games Hanoi 2021 pada Selasa, 17 Mei.

Eki Febri sukses naik ke podium tertinggi di Stadion My Dinh setelah membukukan lemparan sejauh 15,20 meter. Ia unggul atas dua atlet Thailand Areerat Intadis dan Athima Saowaphaiboon dengan masing-masing lemparan 15,04 dan 12,51 meter.

"Semoga medali emas ini dapat memotivasi rekan-rekan lainnya untuk mendapatkan capaian terbaik," kata Eki Febri, seusai perlombaan.

Sebelumnya, Eki Febri meraih emas di SEA Games Malaysia pada 2017 lalu. Namun, ia harus puas mendapat perak di edisi berikutnya.

Saat di SEA Games Filipina pada 2019 lalu, Eki Febri kalah bersaing dengan Areerat.

Medali emas yang disumbang Eki Febri adalah medali emas ke-26 bagi kontingen Indonesia. Namun, pada saat berita ini ditulis, Indonesia sudah menambah satu emas dari renang lewat atlet Flairene Candrea Wonomiharjo.

Flairene naik podium tertinggi usai menjadi terbaik di nomor gaya punggung 100 meter putri. Ini merupakan emas kedua dari renang sekaligus emas ke-27 bagi Indonesia di ajang dua tahunan itu.