Erling Haaland Hampir Pasti Gabung Manchester City, Xavi: Barcelona Sulit Bersaing
Pemain Borussia Dortmund, Erling Haaland, memilih Manchester City ketimbang Barcelona. (Foto: Twitter @BlackYellow )

Bagikan:

JAKARTA - Transfer saga pemain Borussia Dortmund, Erling Haaland, ke Manchester City nampaknya tinggal menunggu waktu. Sejumlah media Jerman sudah memberitakan, pemain asal Norwegia itu sudah semakin dekat dengan klub raksasa Premier League Inggris.

Menurut Sky Germany yang dikutip Reuters, Erling Haaland sudah memutuskan Manchester City sebagai pelabuhan berikutnya. Sementara Bild dan Kicker melaporkan, kesepakatan dapat diselesaikan dalam beberapa hari mendatang.

Namun, belum ada keterangan resmi dari Manchester City atau Borussia Dortmund terkait kabar transfer Erling Haaland.

Meski demikian, Dortmund diisukan sudah punya calon pengganti mantan pemain Molde tersebut. Dia adalah penyerang Salzburg, Karim Adeyemi.

Jika Haaland memilih City, Barcelona dipastikan gigit jari. Klub La Liga Spanyol itu memang masuk dalam daftar klub yang ingin meminang pemain berusia 21 tahun tersebut.

Walau kecewa, pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, sadar diri. Dia memaklumi jika klubnya kalah bersaing dengan City yang ditopang dengan dana melimpah.

Perlu diketahui, sang pemain memiliki klausul pelepasan senilai 75 juta euro (setara Rp1,14 triliun). Itu belum termasuk komisi agennya.

Jikapun berhasil mendapatkan Haaland dengan harga murah, Barcelona diprediksi bakal kesulitan membayar gaji sang pemain.

"Ini akan sulit karena situasi ekonomi. Anda tak bisa membohongi diri Anda, itulah kenyataannya," ujar Xavi, seperti dikutip Antara dari Goal.

"Saya tak akan mengatakan (ini hanya karena uang). Saya tak akan meremehkan proyek klub lain. Kami bukan satu-satunya klub dengan proyek yang bagus."

"Manchester City telah memenangi banyak gelar dan bersaing di level puncak. Namun, bila apa yang Anda katakan terjadi (dan Barcelona tak merekrut Erling Haaland), itu karena masalah keuangan," pungkasnya.