Pramudya/Yeremia Juara Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022 Usai Tekuk Wakil Malaysia
Ganda putra Indonesia, Pramudya Kusuma Wardana/Yeremia Erich Rambitan, juara Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022. (PBSI)

Bagikan:

JAKARTA - Ganda putra Indonesia Pramudya Kusuma Wardana/Yeremia Erich Rambitan sukses menjuarai Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022. Ini jadi gelar perdana mereka pada tahun ini. 

Pramudya/Yeremia mengunci gelar setelah mengalahkan wakil Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik di partai final yang berlangsung di Muntinlupa Sports Complex, Manila, Filipina, pada Minggu, 1 Mei 2022.

Aaron Chia/Soh Wooi Yik yang berstatus peraih medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020 tahun lalu dan unggulan kelima di ajang ini harus menerima kekalahan dengan skor 21-23 dan 10-21.

Pramudya/Yeremia langsung memberikan tekanan ke lawan mereka pada awal-awal gim pertama berlangsung. Mereka sempat menyamakan skor 4-4 setelah tertinggal.

Wakil Malaysia kemudian kembali memimpin lagi setelah itu. Pramudya/Yeremia kesulitan untuk mengidentikan skor dan kemudian harus tertinggal gap empat angka pada interval.

Usai jeda pasangan Indonesia terus berusaha untuk mengejar ketertinggalan mereka. Usaha itu membuahkan hasil dan melahirkan skor identik menjadi 18-18.

Setelah itu, duel kedua pasangan itu pun tetap berjalan ketat. Kedudukan sama 19-19, 20-20, dan 21-21 pun sempat tercipta sebelum Indonesia keluar sebagai pemenang di gim pertama.

Di gim kedua, Pramudya/Yeremia langsung berada di atas angin. Mereka sukses memimpin 7-2 dan kemudian berhasil unggul sebanyak lima angka pada saat jeda.

Indonesian terus menelurkan angka untuk menghindari kejaran lawan mereka. Gap angka bahkan sempat melebar menjadi 19-9 sebelum ditutup dengan kemenangan 21-10.

Kedua pasangan sebelumnya belum pernah saling berhadapan satu sama lain. Dengan demikian, kemenangan ini membuat Pramudya/Yeremia memimpin menang-kalah 1-0 atas wakil Malaysia itu.

Pramudya/Yeremia membuat perjalanan yang cukup manis di ajang Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022. Sebelumnya, mereka juga mengalahkan senior mereka Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di babak semifinal.