Bagikan:

JAKARTA – Tim nasional Indonesia U-23 sukses memenangi pertandingan uji coba perdana mereka Korea Selatan. Skuad asuhan Shin Tae-yong itu menang atas Andong Science College.

Uji coba ini berlangsung di Haemaji Football Field, Korea Selatan, pada Kamis, 21 April 2022. Skuad Garuda keluar sebagai pemenang dengan skor akhir 4-2.

Indonesia tampil agresif sejak peluit sepak mula ditiup pengadil lapangan. Hasilnya pertandingan baru berjalan tujuh menit skuad Shin langsung mencetak gol keunggalan lewat tendangan Irfan Jaya yang gagal diantisipasi meskipun dibaca kiper lawan.

Seperempat jam kemudian, gol kedua untuk skuad Merah Putih pun langsung lahir. Indonesia diberi hadiah penalti oleh wasit dan dimaksimal dengan baik oleh Muhammad Ridwan sebagai eksekutor.

Namun, sebelum turun minum Andong sukses memperkecil kedudukan di menit ke-33. Hasilnya skor 2-1 pun bertahan sampai wasit meniup peluit menandai pertandingan memasuki jeda.

Di babak kedua, Shin Tae-yong memutuskan mereformasi skuadnya secara besar-besaran. Ia mengambil kebijakan untuk memasukan sembilan pemain baru.

Masuknya sembilan pemain baru tidak langsung memberi efek ke permainan. Alih-alih menambah gol, Indonesia justru kecolongan di menit ke-56 sehingga skor menjadi sama kuat 2-2.

Setelah kedudukan seri, Indonesia butuh waktu yang cukup lama untuk keluar sebagai pemenang. Mereka baru mencetak gol keunggalan pada dua menit terakhir waktu normal dan menit tambahan waktu jelang pertandingan bubar.

Kedua gol penentu kemenangan itu masing-masing dicetak oleh Ronaldo Kwateh dan Irfan Jauhari.

Indonesia masih menghadapi sejumlah uji coba lagi selama pemusatan latihan di Korea yang rencananya rampung pada 28 April nanti. Dua uji coba berikutnya adalah melawan Pohang Steelers dan Daejeon Hana Citizen.