Prediksi Karier Marquez di MotoGP Hanya Bertahan 5 Tahun Lagi, Jorge Lorenzo: Mencederai Diri Sendiri Berkali-kali Tidak Baik untuk Tubuh atau Pikiran
Marc Marquez (Instagram @marcmarquez93)

Bagikan:

JAKARTA - Mantan pebalap asal Spanyol Jorge Lorenzo menyebut Marc Marquez tidak akan bertahan lama di balapan MotoGP. Ia percaya Baby Alien hanya bisa punya waktu kurang lebih tahun ke depan.

Marquez saat ini yang sudah memasuki usia 29 tahun masih bersaing di lintasan balap paling bergengs itu. Banyak orang menilai Marquez tidak bisa kembali puncak karir akibat masalah cedera dan diplopia yang mengganggunya.

Bahkan lebih dari itu, pebalap kelahiran Cervera, Spanyol, itu diprediksi bisa pensiun lebih awal andai masalah yang sama ia dapat kembali. Hal.itu sejalan dengan yang dipikirkan Lorenzo.

"Dia pebalap spesial, unik. Mencederai diri sendiri berkali-kali tidak baik untuk tubuh atau pikiran Anda. Perlahan-lahan memasuki kepala Anda, dan bahkan usia tidak membantu," ujar Lorenzo dilansir GP One, Rabu.

"Tidak sama jatuh pada usia dua puluh tahun atau tiga puluh tahun. Marquez secara teknis adalah fenomena. Dia memiliki ambisi besar, tetapi waktu terus berlalu bagi setiap orang. Saya pikir dia memiliki karir lima tahun lagi," kata Lorenzo, menambahkan.

Marquez sendiri baru saja sembuh dari diplopia episode ketiga akibat kecelakaan di Mandalika pada Maret lalu. Meskipun kali ini problem itu tidak seserius yang ia alami pada dua episode sebelumnya.

Akibat masalah itu, juara dunia MotoGP enam kali ini harus absen di Grand Prix Argentina yang digelar dua pekan setelah Mandalika. Ia kemudian baru kembali membalap lagi pada seri keempat yang berlangsung di Austin, Amerika Serikat.

"Kita semua tahu Marquez. Dia memiliki mentalitas yang mengesankan. Bahkan jika dia jatuh seribu kali, dia terus mengambil risiko dan mencari batasnya," ujar Lorenzo.

Marquez musim ini belum naik satu podium dari empat balapan yang sudah digelar. Pencapaian terbaiknya adalah finis di posisi kelima pada balapan pembuka yang berlangsung di Qatar.

Ia juga mendapat hasil kurang memuaskan saat kembali balapan di Austin. Ia hanya finis di tempat keenam sehingga total ia baru mengumpulkan 21 poin dan duduk di posisi 13 klasemen sementara atau terpaut 40 poin dari Enea Bastianini yang memegang posisi paling atas.