Jelang Manchester City vs Liverpool: Duel Panas Penentuan Gelar Juara Liga Inggris?
Manchester City Vs Liverpool bakal jadi salah satu penentu persaingan gelar juara. (Foto: Twitter @LFC)

Bagikan:

JAKARTA – Duel yang ditunggu-tunggu di Liga Primer Inggris musim ini akan tersaji pada akhir pekan ini. Pertandingan yang dimaksud adalah Manchester City menjamu Liverpool.

Duel pekan ke-32 Liga Primer Inggris musim 2021/2021 di Stadion Etihad pada Minggu, 10 April malam WIB, ini disebut-sebut sebagai momen penting dalam kampanye sepak bola kasta tertinggi Negeri Ratu Elizabeth itu.

Saat ini The Citizen masih menempati posisi teratas klasemen sementara dengan perolehan 73 poin dari 30 pertandingan yang dimainkan. Sementara itu, Liverpool mengekor di posisi kedua dengan gap satu poin saja dari jumlah pertandingan yang sama.

Meskipun City dan Liverpool masih memiliki tujuh pertandingan lagi setelah bentrok di Etihad nanti, tim yang keluar sebagai pemenang di pertandingan ini dinilai punya kans juara liga lebih besar dari pesaingnya. Untuk itu, kedua tim jelas tidak mau kecolongan di laga krusial tersebut.

Kedua tim datang ke pertandingan ini dengan modal sama-sama bagus usia kemenangan di leg pertama Liga Champions Eropa tengah pekan ini. City tercatat menghancurkan Atletico Madrid 1-0, sedangkan The Reds menempatkan satu kaki di semifinal kompetisi berkat kemenangan 3-1 atas Benfica.

City sebagai tuan rumah jelas diunggulkan memenangi pertandingan dan melebarkan jarak poin dari kejaran The Reds. Namun, perlu dicatat Liverpool tampil impresif sejak pergantian tahun dan sukses menutup jarak dari 14 poin menjadi hanya satu.

Fakta lainnya adalah baik City dan Liverpool sukses mengumpulkan 38 poin dalam 15 pertandingan terakhir yang mereka mainkan. Tidak ada tim lain di lima liga besar Eropa yang bisa menorehkan catatan lebih tinggi dari itu atau bahkan sama.

Kedua tim terakhir bertemu pada Oktober 2021 lalu di Anfield dalam jilid pertama Liga Primer Inggris musim ini. Ketika itu City bangkit dari dua kali ketertinggal untuk menyudahi pertandingan berakhir dengan skor sama kuat 2-2.

Namun di empat pertemuan sebelumnya di liga, City lebih dominan dengan dua kemenangan dan satu kekalahan serta satu hasil imbang. Di dua kemenangan itu, City total mencetak delapan gol dan hanya kebobolan satu gol, termasuk kemenagan besar 4-0 yang terjadi di Etihad.

Menjelang pertandingan Minggu, pukulan bagi skud Pep Guardiola adalah absennya Ruben Dias dan Cole Palmer. Sementara itu, Kyle Walker yang melewatkan kemenangan Atletico karena menjalani sanski bermain di Liga Champions akan kembali ke dalam skuad.

Dengan kembalinya Walker maka Joao Cancelo otomatis didorong menjadi bek kiri, sedangkan Nathan Ake bisa diistirahatkan. Adapun Ilkay Gundogan bisa mempertahankan tempatnya di lini tengah bersama Rodri dan Kevin De Bruyne.

Keduanya akan menghadapi persaingan dari Bernardo Silva di lini tengah. Silva juga bisa menjadi starter di lini depan, dengan bintang Portugal, Riyad Mahrez dan Raheem Sterling berjuang untuk tampil bersama Phil Foden dan Jack Grealish di sepertiga akhir lapangan.

Sementara itu, dari sisi Liverpool semua pemain fit untuk dimainkan. Lini depan bakal tetap mengandalkan Mohamed Salah dan Sadio Mane serta ditopang Luis Diaz. Sementara di lini tengah, Thiago Alcantara, Fabinho, dan Naby Keita bugar saat bentrok di Etihad nanti.

Prediksi susunan pemain

Manchester City (4-3-3): Ederson; Walker, Stones, Laporter, Cancelo; Bruyne, Rodri, Gundogan; Sterling, Foden, Grealish.

Liverpool (4-3-3): Alisson; Robertson, Dijk, Matip, Alexander-Arnold; Keita, Fabinho, Thiago; Salah, Mane, Diaz.