Pencak Silat Diberi Target Empat Medali Emas SEA Games 2021 Hanoi, Kepala Pelatih Pelatnas: Cukup Realistis
Atlet pencak silat dapat target empat medali emas di SEA Games 2021. (Dok. NOC Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA – Pengurus Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) optimistis menghadapi SEA Games Hanoi 2021. Mereka yakin bisa melampaui target perolehan medali emas yang ditetapkan pemerintah.

Pemerintah telah menargetkan empat medali emas untuk cabor pencak silat di SEA Games Hanoi mendatang. Ada 21 atlet pencak silat yang akan berjuang untuk memenuhi target pemerintah tersebut.

Semua atlet tersebut akan berlomba dalam 16 nomor pertandingan.

Kepala Pelatih Pelatnas Pencak Silat Indro Catur mengatakan, persiapan yang dilakukan timnya sudah berlangsung sejak tahun kemarin. Hanya saja tahun ini mereka kembali melakukan seleksi sehingga persiapan mereka terhitung sangat matang.

"Jadi kami telah melaksanakan program-program yang telah dibuat dan seluruh 21 atlet yang akan diberangkatkan menunjukkan progress yang baik," ujar Indro dalam keterangan resmi seperti dikutip dari situs Komite Olimpiade Indonesia (NOC) pada Rabu, 6 April.

"Melihat progress masing-masing atlet kami optimistis target medali yang diberikan oleh pemerintah kepada kami bisa tercapai. Dan menurut kami, target yang diberikan pemerintah kepada kami cukup realistis," tambahnya.

Selain meningkatkan intensitas latihan, pencak silat juga menjalankan berbagai program try-in. Untuk SEA Games, cabor ini melakukan try in di empat kota besar yakni Bali, Bandung, Solo, dan Yogyakarta.

Sementara itu, Sekjen IPSI Teddy Suratmadji mengatakan, target dari pemerintah itu kemungkinan bisa dilampaui. Dia berkaca dari persiapan yang dilakukan para atlet pencak silat sejauh ini.

"Doakan kami untuk bukan hanya meraih target tersebut, tapi semoga terlampaui," kata Teddy.

Pencak silat merupakan satu dari 32 cabang olahraga yang dikirim Indonesia ke SEA Games nanti. Total tim Merah Putih akan mengirimkan 476 atlet untuk turun di ajang yang akan diselenggarakan pada 12 hingga 23 Mei mendatang tersebut.