Bayern Munich Mainkan 12 Pemain, Freiburg akan Ajukan Banding
Bayern Munich (Instagram @fcbayern)

Bagikan:

JAKARTA – Freiburg akan mengajukan banding untuk pertandingan mereka melawan Bayern Munich. Banding tersebut perihal kesalahan FC Hollywood menurunkan 12 pemain di pertandingan itu.

Munich menyambangi markas Freiburg di Europa Park Stadium untuk lanjutan Bundesliga Jerman 2021-2022 pada Sabtu, 2 April lalu. Di laga itu tim tamu sukses membawa pulang kemenangan 4-1, tetapi meninggalkan kontroversi.

Kontroversi itu terjadi saat FC Hollywood sedang unggul 3-1 atas Freiburg. Di periode itu, pelatih Munich Julian Nagelsmann memutuskan untuk melakukan pergantian dua pemain sekaligus.

Pelatih berusia 34 tahun itu menarik keluar Niklas Suele dan Marcel Sabitzer di menit ke-85 dan memasukkan Corentin Tolisso dan Kingsley Coman. Akan tetapi,  yang terjadi hanya hanya nama pertama saja yang meninggalkan lapangan.

Usut punya usut, ternyata Coman tidak meninggalkan lapangan. Kathleen Krueger, manajer tim Bayern, salah memberikan nomor kepada ofisial keempat. Dia menyerahkan nomor 29, padahal Coman mulai musim ini mengenakan nomor 11.

Coman yang tidak meninggalkan lapangan membuat tim tamu sempat bermain dengan 12 pemain di lapangan. Meskipun kesalahan ini hanya berlangsung sebentar, Freiburg memutuskan untuk mengajukan banding.

"Oleh karena itu, dewan Sport-Club Freiburg telah memutuskan, setelah diskusi yang intens pada tingkat yang berbeda dan pemeriksaan hukum, untuk mengajukan banding terhadap keabsahan pertandingan," tulis Freiburg di situs resmi mereka seperti dikutip pada Selasa, 5 Maret.

Freiburg mengajukan beberapa poin penting saat mengajukan banding tersebut untuk diproses oleh Federasi Sepak Bola Jerman (DFB). Salah satu pertimbangannya adalah untuk melindungi hak-hak klub lain yang dihadapkan situasi serupa pada waktu yang akan datang.

Freiburg mengatakan bahwa pernyataan tertulis yang rinci tentang alasan untuk banding mereka secepatnya akan dikirim ke pengadilan. Dengan demikian, banding ini bisa saja memengaruhi hasil pertandingan dari laga tersebut dan Bayern dinyatakan kalah 0-2 sesuai aturan.

Hasil banding juga bisa menetapkan kesalahan terletak pada pihak pengadil lapangan yang memimpin laga. Pasalnya, ia membiarkan saja pemain pengganti masuk ke lapangan, tetapi pemain yang diganti masih ada di dalam lapangan.

FC Hollywood saat ini masih memuncaki klasemen sementara Bundesliga Jerman dengan koleksi 66 poin. Mereka unggul sebanyak 9 poin dari dari Borussia Dortmund yang mengekor di posisi kedua.