Mukjizat! Setelah 20 Tulang Patah dan Nyaris Dinyatakan Lumpuh, Juara Tour de France 2019 Kini Mulai Gowes Lagi
Pebalap sepeda asal Kolombia, Egan Bernal (kanan). (Foto: Instagram @eganbernal)

Bagikan:

JAKARTA - Kabar baik datang dari atlet balap sepeda asal Kolombia, Egan Bernal. Juara Tour de France 2019 itu kini sudah bisa bersepeda lagi setelah sebelumnya nyaris dinyatakan lumpuh.

Bernal mengalami kecelakaan fatal pada bulan Januari lalu. Saat itu dia menabrak sebuah bus di Kolombia dan langsung dibawa ke rumah sakit.

Akibatnya, dia mengalami 20 patah tulang, termasuk tulang belakang dan paha kanan. Bernal juga menderita trauma di dada dan terluka di paru-paru.

Bernal pun harus menjalani sejumlah operasi.

Pria berusia 25 tahun itu mengatakan, kecelakaan fatal tersebut berpotensi membuatnya lumpuh. Kemungkinannya mencapai 95 persen!

Namun, mukjizat terjadi. Dia memposting foto tengah mengowes sepeda di jalan setelah meninggalkan rumah sakit pada Februari lalu.

Dia mengambbarkan hal itu sebagai "hari yang paling bahagia" dalam hidupnya.

"Setelah perawatan dua bulan dan 20 patah tulang, inilah saya dan masih ingin lebih. Sampai jumpa di jalan, teman-teman," kata peraih titel juara Giro d'Italia 2021 tersebut.

Bernal merupakan pebalap termuda yang menjuarai tour dalam kurun waktu lebih dari satu abad. Dia juga baru memperpanjang kontrak dengan tim Ineos Grenadiers hingga 2026, demikian yang dikutip Antara dari Reuters.