Inilah 5 Ajang Balap Sepeda Paling Terkenal di Dunia Selain Tour de France
Balap sepeda Tour de France. (Foto: Twitter/@LeTour)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Para penggemar olahraga balap sepeda tentu sudah tidak asing lagi dengan Tour de France. Ini adalah ajang balap sepeda paling terkenal di dunia yang dipentaskan di Prancis.

Lomba balap sepeda mengelilingi negara Prancis tersebut pertama kali diselenggarakan pada 1 Juli 1903. Setelah itu, Tour de France menjadi agenda tahunan dengan peserta dari seluruh belahan dunia dan bertahan hingga saat ini.

Ajang balap sepeda Tour de France biasanya berlangsung selama 21 hari dengan jarak tempuh sekitar 3.500 km. Puluhan tim dari berbagai negara saling berlomba memperebutkan gelar juara di kompetisi olahraga tersebut.

Tahun lalu, ajang Tour de France dijuarai oleh pebalap sepeda asal Denmark, Jones Vingegaard. Ia berhasil mengakhiri dominasi dua edisi juara bertahan Tadej Pogacar setelah melewati lomba selama tiga pekan yang melelahkan dan pertarungan tanpa henti total sejauh 3.350 km, dikutip dari Antara, Sabtu, 25 Februari 2023.

Tahun ini, ajang Tour de France akan digelar pada 1-21 Juli mendatang. Perlombaan dimulai pada 1 Juli di Basque Country dan berakhir di Paris pada 23 Juli.

Ajang balap sepeda bergengsi seperti Tour de France selalu menyita perhatian dan tak pernah luput dari liputan media. Berikut beberapa ajang balap sepeda paling terkenal di dunia yang sudah berlangsung selama puluhan tahun.

Ajang Balap Sepeda Paling Terkenal di Dunia Selain Tour de France

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ajang balap sepeda paling terkenal di dunia selain Tour de France:

  1. Tour de Singkarak

Dikutip dari laman Pariwisata Padang, Tour de Singkarak merupakan ajang olahraga balap sepeda bertaraf internasional. Bahkan termasuk kejuaraan balap sepeda resmi dari Persatuan Balap Sepeda Internasional (Union Cycliste International).

Nama Singkarak diambil dari nama sebuah Danau indah diSumatera Barat yang selalu menjadi perlintasan rute balapnya.

Kota Padang sebagai ibukota Sumatera Barat termasuk kota yang selalu menjadi bagian dari tahapan etape nya. Bahkan beberapa kali menjadi titik Start dan Finish kejuaraan.

Tour de Singkarak pertama kali digelar pada 23 April sampai 3 Mei 2009. Ajang tersebut digagas Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia. Selain Kementerian Pariwisata, Tour de Singkarak juga didukung pemerintah provinsi Sumatra Barat dan kabupaten/kota yang daerahnya dilalui oleh peserta.

  1. Giro d’Italia

Ini adalah ajang balap sepeda jarak jauh tahunan yang pesertanya merupakan atlet balap sepeda profesional. Ajang ini digemari karena rutenya melewati berbagai sisi indah Italia dan negara disekitarnya.

Giro d’Italia pertama kali dipentaskan pada tahun 1909. Ajang ini dibuat untuk  meningkatkan penjualan koran La Gazzetta dello Sport.

Setiap tahunnya puluhan tim profesional dari berbagai negara berjuang di ajang Giro d’Italia yang biasanya berlangsung selama sekitar 23 hari.

  1. Tour de Langkawi

Ajang balap sepeda paling terkenal di dunia berikutnya adalah Tour de Langkawi yang digelar di Malaysia sejak 1996.

Disadur dari Wikiwand, ajang ini dinamakan Tour de Langkawi karena perlombaanya di mulai di Pulau Langkawi, Kedah. Balap sepeda ini melibatkan beberapa tempat di seluruh Semenanjung Malaysia dan merupakan sebagian dari UCI Asia Tour.

Tour de Langkawi ini merupakan sebagian dari acara pemanasan badan bagi para pelomba profesional sebelum kembali berlomba di benua Eropa.

Jarak tempuh Tour de Langkawi mencapai 1.180,8 km. Puluhan tim dari berbagai negara ikut serta berkompetisi di ajang bergengsi tersebut.

  1. Amgen Tour California

Amgen Tour California merupakan balap sepeda yang digelar di California, Amerika Serikat.

Pesepeda profesional dari berbagai negara yang mengikuti ajang ini, ditantang untuk berlomba melewati jalan raya serta garis pantai di Negara Bagian California setiap musim semi. Kompetisi biasanya berlangsung selama 8 hari dengan jarak tempuh sekitar 1.126 km.

  1. Tour de Suisse

Ini merupakan ajang balap sepeda yang digelar di Swiss. Perlombaan ini pertama kali dipentaskan pada tahun 1993 dan terus berlangsung tiap tahun hingga sekarang.

Ajang ini mirip dengan Tour de France. Kompetisi ini mempunyai beberapa stage di mana pesepeda harus melewati pengungan Alpen.

Ajang balap sepeda Tour de Suisse digelar selama lebih dari 9 hari. Ajang ini tak hanya diikuti oleh pesepeda profesional, para pemula juga bisa berpartisipasi dalam ajang Tour de Suisse.

Demikian informasi tenang ajang balap sepeda paling terkenal di dunia selain Tour de France. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.