Bagikan:

JAKARTA - Tadej Pogacar menjadi pembalap pertama yang meraih gelar ganda Giro d'Italia dan Tour de France sejak 1998 setelah memenangkan Tour de France ketiganya pada  Minggu, 21 Juli. Pogacar mengukuhkan dominasinya dengan memenangkan etape terakhir, menjadikannya total enam kemenangan etape.

Pembalap Slovenia ini mengalahkan juara bertahan Jonas Vingegaard dari Denmark dan Remco Evenepoel dari Belgia, yang masing-masing menempati posisi kedua dan ketiga secara keseluruhan dan di etape terakhir, dengan selisih waktu enam menit 17 detik.

"Saya sangat bahagia, saya tidak bisa menggambarkan betapa bahagianya saya setelah dua tahun yang sulit di Tour de France, selalu ada kesalahan dan tahun ini, semuanya sempurna," kata Pogacar.

Pogacar memenangkan time trial individu sepanjang 33,7 km dari Monaco ke Nice dengan waktu 45 menit 24 detik, mengalahkan rival-rivalnya dengan selisih satu menit tiga detik dari Vingegaard, pemenang dua Tour terakhir. Meski memulai hari terakhir dengan keunggulan yang cukup besar, Pogacar tidak bermain aman dan kembali menunjukkan dominasinya dengan memenangkan etape terakhir, kemenangan etape ketiganya berturut-turut, untuk menyelesaikan Tour dengan gaya.

Pembalap Eritrea, Biniam Girmay, memenangkan jersey hijau untuk klasifikasi poin, sementara Richard Carapaz dari Ekuador memenangkan jersey polkadot untuk klasifikasi pegunungan. Tim Pogacar, UAE Team Emirates, memenangkan klasifikasi tim, sementara Evenepoel, yang memenangkan time trial etape tujuh, memenangkan jersey putih untuk pembalap muda terbaik dalam Tour pertamanya, finis 9:18 di belakang Pogacar.

Tour de France kali ini selesai di luar Paris untuk pertama kalinya dalam sejarah 121 tahun, karena persiapan Olimpiade mendatang dan ini juga pertama kalinya Tour berakhir dengan time trial sejak 1989. Meskipun begitu, kali ini tidak sedramatis waktu Greg LeMond mengalahkan Laurent Fignon di hari terakhir, karena keunggulan Pogacar yang sangat dominan.

Pogacar memimpin sejak memenangkan etape empat, memperlebar jarak hingga lebih dari tiga menit setelah memenangkan etape 14 dan 15, sebelum dua kemenangan berturut-turut di etape 19 dan 20 yang hampir memastikan kemenangannya secara keseluruhan.

Vingegaard mengikuti Tour tahun ini setelah tiga bulan tidak berlomba akibat cedera paru-paru dan tulang rusuk yang retak di Tour of the Basque Country. Meskipun tidak berhasil mempertahankan gelarnya, dia berhasil memenangkan satu etape.

Di etape 11, Vingegaard menahan Pogacar untuk memenangkan etape, dan naik ke posisi kedua setelah finis sebagai runner-up di etape 14. Evenepoel, yang berharap mengulang kemenangan time trial sebelumnya, segera terlewati oleh Vingegaard di checkpoint pertama. Namun, saat Pogacar mulai balapan, terlihat jelas dia bertekad untuk memenangkan etape, menunjukkan dominasinya di Tour kali ini.

Tidak ada pembalap yang menyelesaikan ganda Giro/Tour sejak mendiang Marco Pantani, dan Pogacar menjadi pembalap kedelapan yang mencapai prestasi ini setelah juga memenangkan enam etape dalam perjalanannya memenangkan Giro.

"Saya pikir ini adalah Grand Tour pertama di mana saya benar-benar percaya diri setiap hari, bahkan di Giro saya ingat saya punya satu hari buruk tapi saya tidak akan memberitahu yang mana," kata Pogacar. "Tour de France tahun ini sungguh luar biasa dan saya menikmatinya sejak hari pertama hingga hari ini.