<i>Race</i> 1 ARRC 2022 Thailand Kelas SS600: Menangi Duel Sengit dengan Pebalap Thailand, Andi Gilang Kibarkan Merah Putih di Sirkuit Buriram
Pebalap Astra Honda Racing Team, Andi Gilang, memenangi balapan pertama ARRC 2022 Thailand kelas SS600. (Dok. ARRC)

Bagikan:

JAKARTA - Pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Andi Farid Idhizar atau akrab disapa Andi Gilang, memenangi balapan pertama ARRC 2022 Thailand kelas Supersport (SS) 600, Sabtu, 26 Maret.

Balapan di Sirkuit Chang Buriram, Andi Gilang memenangi persaingan sengit dengan pebalap Thailand, Nakarin Atiraphuvapat, yang justru terjatuh di tikungan terakhir jelang garis finis.

Pada balapan kali ini, posisi kedua dan ketiga ditempati pebalap Malaysia, Helmi Azman dan Ibrahim Md Norrodin. Sementara rekan setim Andi Gilang, Irfan Ardiansyah, finis di posisi keempat.

Andi Gilang melakukan start dengan baik. Dia mampu membuat gap dengan para pebalap di belakangnya.

Di lap pertama, sudah ada pebalap yang terjatuh. Muhammad Faerozi (Yamaha Racing Indonesia) harus mengakhiri balapan lebih cepat setelah mengalami downside.

Andi Gilang terus memimpin balapan diikuti dengan Nakarin yang menguntit di posisi kedua. Mereka membuat gap cukup lebar dengan Helmi Azman dan Ratthapong Wilairot yang memperebutkan posisi ketiga.

Persaingan berubah di tengah balapan, Helmi mampu berada di depan bersaing dengan Andi Gilang. Sementara nakarin melorot ke posisi empat.

Persaingan ketat ditunjukan Helmi dan Andi Gilang. Kedua pebalap saling salip untuk menempati posisi terdepan.

Petaka buat Ratthapong. Pebalap Yamaha itu harus rela gagal naik podium setelah mengalami mesin saat balapan tersisa empat lap. Padahal, dia tengah bersaing di grup depan.

Lap terakhir diwarnai persaingan sengit antara Andi Gilang dengan Nakarim. Keduanya menampilkan aksi ciamik untuk menempati posisi terdepan.

Petaka buat Nakarim terjadi di tikungan terakhir jelang finis. Persaingannya dengan Andi Gilang justru berakhir dengan insiden. Dia terjatuh.

Kemenangan pun menjadi milik Andi Gilang. Dia terpaut 0.480 detik dari Helmi dan 0.988 dari Ibrahim.