<i>Race</i> 1 ARRC 2022 Thailand Kelas AP250: Pebalap Thailand Dapat Hukuman, Rheza Danica Ahrens Juara
Balapan ARRC 2022 kelas AP250. (Dok. Situs resmi ARRC)

Bagikan:

JAKARTA - Dua pebalap Indonesia, Rheza Danica Ahrens dan Andy Muhammad Fadly, naik podium pada balapan pertama ARRC 2022 seri Thailand kelas Asia Production (AP) 250.

Balapan yang digelar di Sirkuit Chang, Buriram, ini sebenarnya dimenangi pebalap Thailand, Piyawat Patoomyos. Namun, dia mendapatkan hukuman turun satu posisi karena melewati batas trek.

Alhasil, pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) Rheza Danica yang finis kedua dengan selisih 0.420 detik, dinobatkan sebagai juara.

Sementara AM Fadly yang menggeber motor Kawasaki Manual Tech Racing Team, finis ketiga dengan terpaut 0.737 detik dari sang pemenang.

Sejak awal balapan, tiga pebalap bersaing ketat dengan jarak yang sangat tipis. Rheza Danica, M Adenanta (AHRT) dan AM Fadly terus saling salip untuk posisi terdepan.

Saat balapan tersisa lima lap, Aiki Iyoshi ikut dalam persaingan. Rekan setim AM Fadly tersebut menyodok beberapa pebalap untuk bisa berada di grup depan.

Dua lap akhir perubahan besar terjadi di grup depan. Tak ada nama AM Fadly dan Adenanta yang melorot keluar dari lima besar. Sementara Rheza Danica dan Iyoshi bersaing di depan dengan Reynaldo Ratukore.

Piyawat membuat gebrakan di akhir balapan. Dia berhasil menyodok ke depan hingga memimpin balapan.

Insiden terjadi di tikungan terakhir. Tiga pebalap terjatuh jelang garis finis yang melibatkan Adenanta dan Iyoshi.

Piyawat mejadi pebalap pertama yang menyentuh garis finis, diikuti Rheza Danica dan AM Fadly. Sementara posisi empat hingga enam juga diisi pebalap Indonesia.