Bagikan:

JAKARTA - Mantan pelatih Barcelona, Ronald Koeman berpeluang besar untuk kembali menempati posisi pelatih tim nasional Belanda usai Piala Dunia Qatar 2022. Kemungkinan itu makin terbuka karena Koeman juga masih menganggur usai mengakhiri kerja sama dengan Blaugrana pada 2021 lalu.

Mantan juru taktik Everton itu rela meninggalkan perannya sebagai pelatih timnas Belanda demi mimpinya memimpin Barcelona pada Agustus 2022.

Dikutip dari Football Espana, Kamis, meski sempat pamit tapi hubungan antara Asosiasi Sepak Bola Belanda dengan Koeman masih berjalan baik.

Pelatih berusia 59 tahun itu pun bisa jadi akan menggantikan Louis van Gaal setelah Piala Dunia 2022. Van Gaal telah membawa Belanda ke Piala Dunia di Qatar. Tapi kontraknya kemungkinan besar tidak akan diperbarui usai Piala Dunia.

Atas situasi itu, Koeman punya peluang besar menjadi pilihan utama untuk menggantikan posisi van Gaal memimpin pasukan Oranje.

Sebelumya, Koeman sempat ditunjuk Belanda sebagai pelatih pada Februari 2018, dengan kontrak empat setengah tahun atau seharusnya sampai Piala Dunia 2022. Ketika itu ia menggantikan Dick Advocaat yang mundur usai gagal membawa Belanda lolos ke Piala Dunia 2018.

Koeman berhasil membawa Belanda lolos ke putaran final turnamen bergengsi, Euro 2020, setelah absen sejak Piala Dunia 2014.