Kembali ke Kursi Pelatih Timnas Belanda Gantikan Louis van Gaal, Ronald Koeman: Saya Menantikan Tugas Baru Ini
Ronald Koeman (Instagram @ronaldkoeman)

Bagikan:

JAKARTA – Mantan pelatih Barcelona, Ronald Koeman akan kembali ke kursi pelatih tim nasional Belanda untuk menggantikan Louis van Gaal. Namun, pelatih 59 tahun itu baru bertugas pada awal tahun depan.

Menurut laporan Marca, Rabu, Koeman dan Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) sudah mencapai kesepakatan. Dalam kesepakatan itu, Koeman diberi kepercayaan bertanggung jawab atas timnas Belanda hingga Piala Dunia 2026.

"Saya menantikan tugas baru ini. Lebih dari satu setengah tahun yang lalu, saya tidak meninggalkan tim nasional Belanda karena ketidakpuasan. Hasilnya bagus. Kami akan segera melanjutkan jalan itu. Itu pasti bagi saya," kata Koeman.

Dalam jajaran pelatih timnas Belanda, Koeman bukanlah orang baru. Ia sebelumnya pernah menjabat asisten pelatih di periode 1997-1998 sebelum menduduki jabatan kepala pelatih 2018-2020.

Setelah meninggalkan Belanda, ia memilih hijrah ke raksasa Spanyol Barcelona. Namun, ia harus disingkirkan pada 2021 lalu menyusul beberapa hasil yang mengecewakan dan posisinya kemudian digantikan oleh legenda klub Xavi Hernandez.

Keputusan KNVB menuju Koeman ini karena situasi yang dihadapi pelatih Louis van Gaal saat ini. Beberapa hari lalu, juru taktik 70 tahun itu mengungkapkan bahwa dirinya sedang berjuang menghadapi kanker prostat yang ia derita.

Meski demikian, ia bersikeras tetap bertahan di kursi pelatih skuad Orange sampai Piala Dunia Qatar selesai. Jabatan pelatih di timnas Belanda didapat Van Gaal tahun lalu, yang merupakan periode ketiganya bersama Orange.