Jelang MotoGP Mandalika: Michelin Modifikasi Alokasi Ban dan Siapkan Pembungkus Khusus, Bikin Persaingan Makin Sulit Diprediksi?
Michelin memodifikasi alokasi ban untuk balapan MotoGP Mandalika. (Dok. MotoGP)

Bagikan:

JAKARTA - Michelin memodifikasi alokasi ban untuk balapan MotoGP Mandalika. Selain itu, produsen asal Prancis itu juga menyiapkan pembungkus ban khusus.

Michelin memastikan, ada perubahan alokasi ban untuk balapan di Sirkuit Mandalika, namun dengan kompon yang sama seperti saat tes pramusim, Februari lalu. Rumor yang beredar sebelumnya, ban depan berkompon lunak akan diganti.

Manajer Michelin Motorsport, Piero Taramasso menjelaskan, pada saat tes didapat hasil yang sangat positif dari perspektif ban. Namun, mereka menyadari harus ada perubahan yang dilakukan.

"Kami segera menyadari bahwa karena kombinasi permukaan lintasan baru, tata letak yang cepat, dan suhu tinggi, ban terlalu tertekan dan terlalu panas," kata Taramasso dikutip Crash.

"Sebagai hasilnya, kami telah memodifikasi alokasi untuk balapan akhir pekan. Kami akan mempertahankan kompon yang sama dengan yang digunakan saat tes di mana itu memberikan tingkat cengkeraman dan konsistensi yang sangat baik, tetapi kami telah menempatkannya pada casing khusus yang dirancang untuk mengontrol suhu secara lebih efektif," ia menambahkan.

Perubahan alokasi ban ini diyakini bakal membuat balapan lebih sulit diprediksi. Apalagi lintasan Sirkuit Mandalika juga sudah tak lagi sama seperti saat tes, setelah dilakukan pengaspalan ulang.

Hal ini membuat para pebalap benar-benar "buta" jelang balapan MotoGP Mandalika. Siapa yang cepat beradaptasi dan menemukan settingan yang tepat, bisa jadi dia yang akan keluar sebagai pemenang.