Lewis Hamilton Tak Ikut Foto Solidaritas Pebalap F1 untuk Ukraina, Penyebabnya Sungguh Tak Terduga
Pebalap F1, Lewis Hamilton. (Foto: Instagram @lewishamilton

Bagikan:

JAKARTA – Lewis Hamilton tidak tampak dalam foto aksi solidaritas pebalap Formula 1 (F1) untuk Ukraina, beberapa waktu lalu. Penyebabnya sungguh tak terduga

Foto pebalap F1 sebagai bentuk dukungan kepada Ukraina itu beredar luas di media sosial. Foto tersebut menunjukkan para F1 mengenakan baju dengan tulisan 'No War'.

Mereka berpose di tengah-tengah lintasan balap dengan poster bertulisan serupa serta bendera Ukraina yang diletakkan di aspal sirkuit.

Dari 19 pebalap yang aktif saat ini, hanya Hamilton yang tidak ada di dalam foto. Ketiadaan juara dunia tujuh kali itu seketika menimbulkan banyak pertanyaan.

Agar tak menimbulkan spekulasi serta biar menghentikan rasa penasaran banyak orang, Hamilton pun memberikan jawaban lewat Instagram Story.

"Senang melihat olahraga kita bersatu dengan cara ini. Maaf tidak bisa hadir. Penerbangan saya tertunda. #racingunited #standwithukraine," tulis pebalap 37 tahun itu dikutip Mirror.

Tak lama setelah memberikan penjelasan, Hamilton membagikan unggahan berikutnya. Di unggahan itu ia meminta kepada 27 juta pengikutnya untuk terlibat dalam penggalangan dana bagi Ukraina yang diinisiasi oleh organisasi Disasters Emergency Committee (DEC).

DEC adalah kelompok payung dari badan amal Inggris yang mengoordinasikan pengumpulan dana guna memberikan bantuan darurat kepada orang-orang yang terjebak dalam bencana dan krisis kemanusiaan di seluruh dunia. Badan ini dibentuk sejak tahun 1963.

"Saya mendukung upaya @disastersemergencycommittee. Jika Anda ingin berkontribusi berikut info lebih lanjut. Mereka menggunakan dana untuk pengadaan makanan dan air, pertolongan pertama, tempat tinggal, dan saran kebersihan bagi mereka yang paling membutuhkan," ia melanjutkan.

Selain Lewis Hamilton, pembalap lain yang tidak hadir adalah Nikita Mazepin. Hal ini karena pebalap asal Rusia itu telah dipecat timnya, Haas.

Jadwal Formula 1 (F1) musim balap 2022 akan digelar mulai 20 Maret mendatang di Bahrain. Terdapat total sebanyak 23 seri akan digelar sampai 13 November 2022 di Grand Prix Brasil.