Abramovich Jual Chelsea: Ada 10 Calon Pembeli Serius, Salah Satunya Konsorsium Arab Saudi
Roman Abramovich (Instagram @_roman_abramovich_)

Bagikan:

JAKARTA - Konflik yang tengah memanas antara Rusia dan Ukraina memaksa Roman Abramovich selaku pemilik klub Liga Inggris, Chelsea menjual salah satu aset besarnya ini.

Keputusan Abramovich menjual Chelsea itu mendapat sambutan baik, terlihat dari banyaknya calon pembeli yang mulai melirik lebih serius. Sumber yang mengetahui situasi tersebut menggambarkan setidaknya sejauh ini ada 10 calon pembeli serius, dengan banyak lainnya yang juga mengungkapkan ketertarikan.

Dilansir dari Goal.com, Selasa, salah satu kandidat kuat yang mulai serius melakukan pendekatan adalah sebuah konsorsium swasta Arab Saudi yang dipimpin oleh Saudi Media.

Sumber yang sama juga mengatakan calon pembeli ini kemarin telah menyatakan minat mereka untuk membeli Chelsea dari Roman Abramovich melalui Raine Group, bank dagang New York yang telah disewa untuk mencari pembeli.

Soal siapa saja yang ada di balik Saudi Media, sejauh ini memang belum dirinci secara pasti. Tapi, diketahui mereka merupakan pemodal yang sangat terlibat dalam mendanai media, iklan, dan merek olahraga di seluruh dunia.

Jangkauan utama Saudi Media pun lebih terkonsentrasi pada pasar Timur Tengah. Perusahaan ini juga memiliki kantor di Dubai, UEA dan Arab Saudi sendiri.

Meski mengungkap ketertarikannya untuk membeli Chelsea, Saudi Media tak lantas bisa langsung mendapatkan The Blues. Sebab, salah satu penghalang rencana mereka untuk mengakuisisi Chelsea mungkin adalah kehati-hatian dalam menerima tawaran apa pun dari pihak yang 'sensitif secara politik'.

Terlepas dari itu, pihak Abramovich sendiri telah memasang tenggat waktu hingga 15 Maret nanti sebagai hari terakhir menerima tawaran. Tapi sang taipan Rusia ini juga tak menutup kemungkinan memperpanjang masa biding. 

Hasil penjualan klub, seperti diketahui sebelumnya akan disumbangkan kepada korban perang yang sedang berlangsung di Ukraina. Hal itu tertuang dalam kalimat penuh hati-hati di pernyataan Abramovich, Rabu 2 Maret lalu.

Dalam pernyataan itu juga terungkap bahwa Abramovich nantinya akan mengikhlaskan hutang Chelsea kepadanya sebesar 1,5 miliar euro atau sekitar Rp28 triliun, dengan dana tersebut berupa pinjaman melalui perusahaan induknya Fordstam Ltd.

Selain konsorsium Arab Saudi, Chelsea juga tengah dilirik oleh Todd Boehly dan konsorsium AS-Swiss milik Hansjorg Wyss serta pengusaha Turki Muhsin Bayrak. Hal ini kemudian memberi harapan bagi Abramovich untuk menjual The Blues sesuai dengan permintaannya di angka 3 miliar euro atau sekitar Rp57 triliun.